Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 2/2017

Selamat datang di Kepulauan Medes, salah satu suaka laut paling mewah di Eropa / Foto : Rui Guerra

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Di bagian utara Mediterania lepas pantai Spanyol, terdapat sebuah kepulauan kecil yang menjadi salah satu destinasi selam paling sering dikunjungi di Eropa. Hanya satu mil dari pelabuhan desa nelayan L’Estartit di provinsi Girona di Spanyol (dalam Daerah Otonomi Cataluña), Kepulauan Medes terdiri dari tujuh pulau kecil. Dua pulau terbesarnya adalah Meda Grande dan Meda Pequeña. Topografi kepulauan ini menjadikannya tempat bernaung bagi kehidupan di Mediterania yang luas.

KELIMPAHAN TERLINDUNG. Berada begitu dekat dengan L’Estartit tidaklah mengherankan jika kawasan ini dulunya adalah tempat perikanan utama selama beberapa generasi. Dengan segera, para ilmuwan meneliti dan mengerti pentingnya kekayaan biologis di kepulauan ini. Namun, baru pada tahun 1990, diikuti dengan proposal yang dibuat oleh Federasi Spanyol untuk Kegiatan Bawah Air, Kawasan Lindung Kepulauan Medes dibentuk.

Tempat ini menjadi salah satu Kawasan Lindung Laut (Kidung Laut) paling penting di Mediterania. Dua puluh tahun kemudian, di tahun 2010, kawasan terlindung ini terintegrasi ke dalam Taman Alam Montgrí, Islas Medas, dan Baixo Ter yang lebih luas, dan secara signifikan memperluas kawasan terlindung dan memfasilitasi pengelolaan serta pelestarian lingkungan yang lebih terintegrasi dan berkesinambungan.

SESUATU UNTUK SEMUA ORANG. Ada sebuah pusat selam di L’estartit yang dapat mengakomodasi pilihan pribadi serta tingkat kenyamanan yang Anda inginkan. Mulai dari kapal besar sepanjang 20 meter dengan lift untuk keluar-masuk tanpa susah-payah, hingga perahu tiup yang kaku dengan panjang tujuh atau delapan meter yang memberikan pengalaman lebih personal dan santai bagi grup kecil.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI