Tampilkan di aplikasi

Uji coba Canon Powershot G7 X Mark II, kamera saku digital premium

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 3/2016
28 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 3/2016

Sotong ini diambil fotonya saat penyelaman malam, lensa berada pada 8.8 mm focal point, f11, 1/500 ISO 125. Foto ini kami ambil di Maumere, Kabupaten Sikka Flores saat safety stop pada penyelaman malam setelah pengujian kamera dalam kondisi gelap gulita.

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Dilengkapi dengan housing Canon WP-DC55 kami melakukan tes kamera Canon G7X mark II. Dari uji coba, kamera ini dilengkapi dengan control ring di sekeliling lensa yang dapat difungsikan untuk mengatur kecepatan rana (speed), bukaan diafragma (f), pengaturan fokus manual serta pengaturan zoom.

Canon G7x mark II dibekali lensa dengan bukaan lebar f/1.8-f/2.8 , zoom optik 4,2x dengan sensor CMOS berukuran 1 inci dengan resolusi setinggi 20,1 megapiksel yang dihasilkan dari prosessor gambar DIGIC 7, prosesor ini mampu menghasilkan foto dan video berkualitas serta penyimpanan data berformat RAW berkecepatan sampai dengan 8 frame perdetik (fps) Uji coba kami lakukan saat penugasan dalam meliput acara dan persiapan sebuah kegiatan di Maumere dan di Tulamben Bali.

Semua fungsi ini kami pelajari dahulu dan ujicoba sebelum melakukan penyelaman dengan kamera ini. Selain uji coba tersebut kami juga melakukan uji kedalaman dengan pengoperasian sampai dengan 32 meter dan juga melakukan tes ketahanan baterai untuk foto maupun video dengan stabilisasi guncangan 5 sumbu.

Dalam ketahanan baterai untuk kamera digital saku yang menggunakan layar LCD . Ternyata kekhawatiran bahwa kamera ini hanya mampu untuk satu kali tidak sampai dengan tiga kali penyelaman dengan rata-rata waktu penyelaman dibawah 60 menit bisa disiasati dengan pengaturan eco mode.

Dalam tes ini penggunaan dua strobe INON Z240 dengan optical cable ternyata memang menurunkan daya tahan baterai dalam tiga kali dive sehingga saran kami agar penyelam membawa baterai tambahan dan di-charge penuh untuk penyelaman kedua dan ketiga.

Sementara untuk video dokumentasi untuk memperpanjang waktu pemakaian kamera harus disetting auto off untuk menghemat daya yang dibutuhkan untuk pengoperasian fulltime dari segi kualitas video, kamera ini mendukung resolusi sampai dengan full HD 1080 pixels.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI