Tampilkan di aplikasi

Seperti apa rasanya bertemu paus pilot?

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2017
28 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2017

Saat pertama kali berkunjung ke Tenerife, sebuah pulau di perairan Spanyol, saya merasakan hasrat yang kuat untuk memotret paus pilot. / Foto : Claudia Weber-Gebert

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
11SDAASaat pertama kali berkunjung ke Tenerife, sebuah pulau di perairan Spanyol, saya merasakan hasrat yang kuat untuk memotret paus pilot. Namun, mengingat paus pilot adalah spesies yang dilindungi bahkan untuk sekadar berenang bersamanya Anda harus mendapat izin dari pemerintah sepertinya mimpi itu tidak mungkin terwujud.Sepulangnya ke rumah, keinginan itu tidak bisa hilang dari kepala saya.

Saya pun lantas menyibukkan diri, mencari tahu bagaimana cara mendapat izin dari pemerintah Spanyol. Tekad saya untuk menangkap gambar makhluk indah yang tinggal di sekitar Kepulauan Canary itu benar-benar sudah bulat.Sembilan bulan kemudian, saya pun tiba-tiba sudah berada di atas sebuah perahu kecil di garis pantai Pulau Tenerife, dengan air sedalam 1.000 meter di bawah saya.

Akhirnya, sebentar lagi saya akan bertemu dengan paus pilot. Cuaca waktu itu begitu sempurna perairan tenang, angin sepoi-sepoi, dan sinar matahari yang hangat menyirami punggung kami.Pada awalnya paus-paus itu berenang terlalu cepat sehingga kami hanya bisa mengambil gambar dari permukaan atau dengan mencelupkan kamera ke dalam air. Tapi pengalaman itu saja sudah sangat indah.

Lambat-laun mereka begitu dekat sehingga kami bahkan bisa mencium bau napas mereka dan harus saya akui, baunya sangat tidak menyenangkan!Tiba-tiba, Sergio Hanquet, pemandu kami, memutar kapal dan menyuruh kami untuk bersiap-siap masuk ke air. Saya bersiap mengambil masker dan fins, lalu duduk di tepi perahu sambil memegang kamera erat-erat.

Lalu, saya pun mendengar kata ajaib itu: “Go!”.Saya masuk ke dalam air dengan perlahan. Suami saya juga melakukan hal yang sama. Kami dengan hati-hati berenang ke arah mereka dan… wow! What a feeling! Saya berenang bersama mereka! Para paus menjaga jarak dari kami, lalu mereka berbalik dan berenang menjauh. Itu benar-benar luar biasa.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI