Tampilkan di aplikasi

Teluk Ambon: Menyusuri Gua Mahia yang tersembunyi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2017
28 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2017

Berkat penemuan Ambon Frogfish (Histiophryne psychedelica) yang sempat menggemparkan dunia, nama Teluk Ambon terangkat sebagai salah satu surga penyelaman makro di Indonesia. / Foto : Hendra Tan

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Provinsi Maluku, dikenal sebagai salah satu surga fotografi makro bawah laut. Selain Ambon Frogfish yang sangat terkenal, di Teluk Ambon kita juga dapat menemukan biota-biota yang sangat khas dan menakjubkan, seperti Rhinopias, Ambon scorpion, Lip scorpion, frogfish, pygmy seahorse, tiger egg cowry, hairy shrimps, hairy squat lobster, wire coral crab, coral goby, fish white, dan berbagai jenis nudibranch.

Dengan luas sekitar 28.292 hektare dan panjang garis pantai 102,7 kilometer, Teluk Ambon menyediakan banyak tantangan bagi para penyelam, khususnya fotografer, untuk mengeskplorasi titik selam sekaligus menemukan spesies-spesies yang belum pernah diketahui dunia.

Pusat penyelaman Teluk Ambon berada di Desa Laha yang berada di sisi selatan kota Ambon. Semua titik selam di Teluk Ambon jaraknya berdekatan dan dapat dijangkau dengan mudah, baik secara beach entries maupun menggunakan kapal. Umumnya titik selam di sekitar Teluk Ambon dapat dicapai dalam waktu 3 hingga 20 menit menggunakan speed boat.

Penyelam dari semua tingkat bisa menyelam di sini dengan didampingi para dive master dan instruktur berpengalaman. Di luar Teluk Ambon, terdapat titik penyelaman drop-off, gua, serta berbagai lokasi lain yang menawarkan penyelaman terumbu dan wide angle. Sedikitnya ada 18 lokasi penyelaman di sana yang telah ditandai dan diberi nama.

Pemandangan teluk yang indah dengan latar belakang Kota Ambon, ditambah keberadaan jembatan Merah Putih yang menghubungkan dua sisi kota, sungguh membuat penyelaman di Teluk Ambon menjadi tak terlupakan.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI