Tampilkan di aplikasi

Festival Way Mansusu, berkawan mendung di Supiori

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2017
28 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2017

Jembatan sepanjang 100 meter ini berdiri di atas Selat Sorendiweri, menghubungkan wilayah Kabupaten Supiori dengan Pulau Biak. / Foto : Arief Yudo Wibowo

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Konsistensi Pemerintah Kabupaten Supiori untuk mengembangkan wisata selam di daerahnya kembali teruji. Di penghujung tahun 2017 ini, Pemerintah setempat kembali menggelar Festival Way Mansusu pada tanggal 7 – 9 Desember 2017 di Kabupaten Supiori, Biak, Papua. Festival yang telah memasuki tahun ketiga ini memiliki rangkaian acara berupa Kompetisi Foto Bawah Laut serta pagelaran seni budaya lokal.

Festival Way Mansusu dilaksanakan atas dasar Peraturan Pemerintah No. 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010 – 2025. Acara ini juga dimaksudkan sebagai salah satu strategi pengembangan sektor unggulan pariwisata yang dapat berkontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah di masa depan.

Sampai saat ini Kabupaten Supiori terus bersiap diri untuk menerima kunjungan wisatawan. Dari segi atraksi, daerah ini memang memiliki banyak destinasi selam yang keindahannya patut diperhitungkan. Supiori juga menjadi tujuan wisata selam alternatif di Biak, di samping Pulau Rani, Pulau Insumbabi dan beberapa pulau lain di sekitarnya.

Berkat perbaikan infrastuktur jalan, aksesibilitas menuju Supiori sekarang sudah cukup baik. Kini Supiori dapat dicapai dengan 3 jam perjalanan darat dari Kota Biak. Kualitas resort lokal yang berlokasi di Sorendiweri juga terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sorendiweri adalah Ibu Kota Kabupaten Supiori. Lokasi ini terhubung dengan Pulau Biak lewat sebuah jembatan sepanjang 100 meter yang berdiri di atas Selat Sorendiweri, sebuah selat mirip sungai yang membelah hutan bakau besar.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI