Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 4/2016

Mungkin hiu biru merupakan juaranya penjelajah jarak jauh di antara hiu lain, dan hanya sedikit yang tahu bahwa hiu ini dapat ditemukan di perairan Inggris.

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
SDAAHiu biru adalah binatang nomadik, tersebar di mana-mana, serta dapat ditemukan di perairan bersuhu sedang dan tropis. Dengan tubuh yang dirancang sempurna untuk menempuh jarak jauh, yakni sirip dada dan ekor yang panjang serta tubuh yang ramping, para hiu biru melakukan migrasi yang jauh ke daerah dengan sumber makanan yang melimpah serta untuk mencari pasangan.

Penelitian menunjukkan bahwa para hiu biru biasanya menempuh jarak hingga 2.700 kilometer, dan diduga para hiu tersebut memanfaatkan arus perairan terbuka untuk menghemat tenaga dan mengikuti pola searah jarum jam di sekitar Samudra Atlantik.

Untungnya, bagi para pencinta satwa liar Inggris, rute ini membawa para hiu cantik tersebut mendekat ke pesisir barat daya Inggris pada musim panas, di mana para penyelam lokal dan fotografer Charles Hood mengadakan perjalanan harian bagi mereka yang ingin berenang dengan para hiu biru.Setelah sebelumnya pernah pergi ke banyak destinasi berbeda untuk memotret hiu, saya sangat senang begitu tahun lalu mengetahui bahwa hiu biru dapat dijumpai dengan mudah di Inggris Raya.

Saya pun segera menyewa kapal milik Charles selama beberapa hari pada saat puncaknya musim liburan, yakni pada bulan Agustus. Saya diwanti-wanti untuk mengamati keadaan cuaca sebelum hari-H, sebab perjalanan kami ini sangat tergantung pada cuaca.

Terlalu banyak angin dapat menjadi masalah untuk sampai ke tempat para hiu berada, tetapi untungnya pada hari itu matahari bersinar dan lautnya tenang. Setelah berlayar dan melempar umpan ke air, kami hanya harus menunggu dan berharap seekor hiu yang sedang lewat mencium baunya.Menit berubah menjadi jam ketika waktu makan siang telah lewat.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI