Tampilkan di aplikasi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 6/2014

Terlihat dari atas bagaimana indahnya pulau kecil ini, dikelilingi lautan biru dan pasir putih. Foto oleh Hendro Hioe. / Foto : Hendro Hioe, Arief Yudo Wibowo dan Hendra Tan

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Pulau Samar Gelap atau yang lebih dikenal dengan Samber Gelap ini terletak di Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan tujuan utama penyu selama bertahun-tahun untuk bertelur. Dan pada 22 November 2014 lalu, Saya berkesempatan mengunjungi indahnya pulau yang termasuk dalam Kabupaten Kotabaru ini untuk mengeksplor keindahan bawah laut dan melihat konservasi penyu yang ada di sana.

Pesawat Garuda Indonesia yang mengantarkan saya tiba di Banjarmasin pukul 9:00 pagi waktu setempat, menjadi langkah pertama saya menuju Pulau Samber Gelap. Dari situ perjalanan pun diteruskan menggunakan pesawat Wings Air menuju Kotabaru bumi Sai Jaan selama 30 menit.

Setibanya di Bandar Udara Gusti Syamsir Alam yang terletak di Stagen, Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kalimantan Selatan, Saya pun menginap semalam sebelum akhirnya keesokan harinya pergi mengunjungi Pulau Samber Gelap. Pagi yang dinanti pun tiba, dengan menggunakan kapal speedboat, saya bersama rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten serentak pergi menuju Samber Gelap.

Pulau ini begitu mengusik jiwa petualang. Hamparan pasir putih di tengah lautan biru nan indah, berdiri kokoh pulau yang terdengar agak seram namanya ini. Sesampainya di sana saya disuguhi pantai yang begitu indah dan bangunan resor pribadi yang tampak seperti aula pertemuan. Tidak tergesa untuk turun karena saat itu permukaan air sedang surut dan jarak ke pantai ada sekitar 30 meter. Ke depannya nanti jetty akan dibangun untuk memudahkan akses ke pulau ini.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI