Tampilkan di aplikasi

Memori indah waleabahi di tengah Sulawesi

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2015
29 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2015

Keindahan yang tak terbayangkan sebelumnya, tersembunyi di tengah Teluk Tomini dengan suguhan segerombolan baby shark sebagai sentuhan akhir penyelaman di Pulau Waleabahi.

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Pulau Waleabahi berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Kepulauan yang terletak di tengah Teluk Tomini ini berada di dalam wilayah administrasi Kabupaten Tojo Una Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Pulau Waleabahi ini terletak di sebelah timur Sulawesi Tengah, dikelilingi lima pulau besar lainnya yaitu Pulau Togean, Pulau Batudaka, Pulau Una Una, Pulau Poat dan Pulau Waleakondi.

Pulau yang sangat cantik ini merupakan tempat yang sempurna untuk lari sejenak dari hiruk pikuk perkotaan dan menikmati indahnya hidup di pulau tropis. Udara segar dengan banyaknya oksigen tanpa jejak polusi, karena memang tidak ada kendaraan bermotor di sini, jalan raya pun tidak ada, bahkan sinyal telepon dan internet sangat terbatas.

Keindahan hidup ternyata terbentuk dari sederhananya hidup di alam yang indah. Akuarium Jumbo Mengagumi keindahan daratan Pulau Waleabahi saja sudah cukup membuat jantung kami berdegup kencang seakan tak ada habisnya mengagumi keindahan ciptaan Tuhan ini. Karena itu ketika tiba waktunya bagi kami untuk menyelam, rasa penasaran dan senang meliputi hati, terlebih ini merupakan pertama kalinya kami menyelami lautan di Waleabahi.

Dan benar saja! Ketika kami menenggelamkan diri, sensasi itu seakan berada di dalam akuarium super jumbo dengan keindahan bawah lautnya dan jarak pandang di atas 35 meter. Dengan air yang begitu tenang dan jarak pandang yang sebening kristal, dan terumbu karang besar yang berwarna-warni serta beragam ikan di sekelilingnya, tidak heran kami seperti berada di dalam akuarium.

Sebagian besar lokasi penyelaman di Waleabahi berada di perairan yang sangat jernih sehingga dari atas saja sudah terlihat terumbu karang di bawahnya. Titik penyelaman di sana terdiri dari drop-off dan wall kecil yang masih terlihat dasarnya. Titik penyelaman lainnya berupa slope yang sangat cocok untuk penyelam pemula
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI