Tampilkan di aplikasi

Fiji, tempat terbaik dunia untuk menyelam bersama hiu

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2015
29 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2015

Fiji menawarkan pantai-pantai dengan pemandangan ala kartu pos, perairan jernih dipenuhi terumbu karang, dan pengalaman menyelam bersama ikan hiu penuh adrenalin yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Fiji menawarkan pantai-pantai dengan pemandangan ala kartu pos, perairan jernih dipenuhi terumbu karang, dan pengalaman menyelam bersama ikan hiu penuh adrenalin yang akan menjadi pengalaman tak terlupakan.Memang banyak tempat-tempat lain di dunia yang menawarkan pengalaman menyelam bersama ikan hiu.

tetapi tak banyak tempat yang bisa menawarkan pengalaman sama sepanjang tahun dan kesempatan untuk bisa berjumpa dengan sembilan spesies hiu sekaligus – blacktips, whitetips, grey reefs, silvertips, tawnies, sickle fins, lemons, tigers dan bulls. Fiji adalah satu-satu tempatnya.

Dengan 20 menit menumpang kapal cepat dari pelabuhan Fiji’s Pacific, kita sudah sampai di sebuah taman laut tempat penelitian dan konservasi hiu penting dilakukan selama bertahun-tahun dan sudah berhasil membawa kondisi kehidupan bawah laut ini kembali ke kondisi awal sebelum penangkapan ikan besar-besaran terjadi di sini.

Dengan dukungan baik dari pemerintah Fiji maupun kepala daerah setempat serta kerja keras dari Beqa Adventures Divers, Shark Reef Marine Reserve, sebuah pusat konservasi ikan hiu sekaligus konservasi laut nasional Fiji yang pertama telah membawa tempat ini menjadi proyek eco-tourism yang sukses.

Yang membuat spot selam ini menarik adalah jumlah hiu jenis bull shark yang banyak sepanjang tahun dan dalam kunjungan 12 hari saya di sini, hiu-hiu ini tak menetap hanya demi menyantap ikan-ikan kecil yang ada di wilayah ini. Buktinya, ikan hiu yang saya lihat di penyelaman pertama saya tak dapat saya temui kembali di beberapa kali penyelaman terakhir saya.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI