Tampilkan di aplikasi

Teluk Tomini, menyelam di surga bawah laut garis khatulistiwa

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2015
29 Maret 2018

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 1/2015

Menyelam di surga bawah laut garis khatulistiwa

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Teluk Tomini merupakan teluk dengan luas kurang lebih enam juta hektar dengan potensi sumberdaya alam yang kaya dan unik. Teluk Tomini merupakan bagian dari jantung segitiga terumbu karang dunia atau Heart of Coral Triangle yang menjadi salah satu bagian kesepakatan di ajang World Ocean Conference (WOC) dan Coral Triangle Initiatif (CTI) Summit yang diadakan di Manado.

Teluk Tomini memiliki keindahan alam bawah laut yang menjadi surga bagi para penyelam karena posisi geografisnya yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Selain karena terumbu karangnya yang indah, serta memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi dengan berbagai jenis ikan hidup di sini, Teluk Tomini tergolong perairan semi tertutup yang bersinggungan langsung dengan tiga provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Teluk Tomini merupakan satu tempat yang sempurna untuk penyelaman di taman laut dengan spesies ikan yang melimpah dan terumbu karang yang sehat. perjalanan, jangan lupa untuk singgah makan di Desa Sapa. Di sini Anda akan menemui deretan rumah makan pinggir pantai yang menyajikan aneka masakan laut yang menggugah selera.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dan setelah 4 jam perjalanan dapat singgah pula di kota pegunungan Mobagu untuk wisata kuliner yang terkenal dengan kedai kopinya yang kental khas Mobagu disajikan dengan kacang goyang. Di kota ini juga terdapat pusat perbelanjaan modern atau mall.

Dari sini perjalanan pun dilanjutkan, menuruni bukit hingga akhirnya Anda dapat melihat tugu yang menandakan telah memasuki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Pilihan kedua jika melalui Gorontalo maka Anda harus menempuh perjalanan darat selama 4 jam dengan pemandangan Teluk Tomini yang indah. Setelah 2 jam perjalanan, Anda dapat singgah makan di Kabupaten Bone Boanggo yang menjajakan masakan laut.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI