Tampilkan di aplikasi

Tiga rekor dunia selam di persembahkan Wasi untuk Hut ke-74 RI

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 2/2019
19 September 2019

Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia - Edisi 2/2019

Ir. Hj. Tri Suswati Tito Karnavian / Foto : Michael Waleleng

Scuba Diver AustralAsia Indonesia
Tiga rekor dunia selam berhasil dipecahkan di perairan Teluk Manado, kawasan Mega Mas, Sulawesi Utara (Sulut), pada 1 Agustus 2019 dan 3 Agustus 2019 oleh para penyelam profesional dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Ketiga rekor dunia itu adalah Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air dengan 578 penyelam, Penyelaman Massal Terbanyak yang diikuti oleh 3.131 penyelam, serta Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air (39 meter X 29 Meter) 1.014 m2. Ketiga rekor tersebut pun langsung dicatat dalam buku Guinness World Records (GWR).

Hebatnya lagi, pemecahan rekor ini berlangsung tanpa ada korban jiwa satu pun. Ir. Hj. Tri Suswati Tito Karnavian, Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) yang juga menjadi penggagas dan kreator utama kegiatan ini, mengaku sempat dilanda sedikit kekhawatiran menjelang hari-H.

Beliau mengatakan, jumlah peserta selam dan keselamatan mereka sebagai alasan utama kekhawatirannya, walaupun para peserta yang ikut pada kegiatan spektakuler ini adalah para penyelam yang memiliki sertifikat selam yang diakui dunia internasional serta mendapat dukungan penuh dari tenaga medis, mulai dari PMI hingga Hyperbaric Chamber yang ada di Manado.
Majalah Scuba Diver AustralAsia Indonesia di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI