Tampilkan di aplikasi

Segala hal tentang serabi

Majalah Sedap - Edisi 6/2016
9 Juni 2016

Majalah Sedap - Edisi 6/2016

Serabi termasuk kue tradisional tua yang disukai banyak orang. Namun tak semua orang bisa membuatnya karena termasuk kue yang banyak triknya. Karena itu penguasaan trik yang tepat, pasti bisa menghasilkan serabi yang enak dan benar. / Foto : Agustua . Visual Kharisma

Sedap
Apa Itu Serabi ? Serabi adalah kue yang dibuat dari campuran tepung, telur, dan santan. Dimatangkan di wajan keramik di atas arang atau api. Bentuknya bulat mengikuti dasar wajan . Penyajiannya bersama kinca yakni campuran santan dan gula merah. Ragam Serabi Ada beberapa serabi di dalam kuliner kita. • Serabi yang biasa, dibuat dari tepung terigu atau campuran tepung beras dan tepung terigu. Kadang mereka yang suka serabi bertekstur kenyal, menambahkan tepung sagu.

• Serabi ceylon dan serabi solo. Keduanya mirip dengan serabi yang biasa kita kenal, tetapi menggunakan ragi sehingga kuenya bisa lebih tebal dan berserat bagus. Kedua serabi ini punya tampilan yang berbeda karena cara memanggangnya berbeda. Setelah dituang, adonan sengaja dibawa ke tepi sehingga menyisakan lapisan yang tipsa dan kering ketika matang. Dari warnanya, serabi dibagi atas serabi yang putih dan serabi yang hijau Yang hijau dibuat beraroma suji dan pandan.

Pembuatan Serabi. Pengulenan adonan serabi yang terus-menerus dan berulang kali akan menghasilkan serabi yang bertekstur cantik. Pengulenan itu bisa berlangsung 30 menit, dilakukan sejak cairan ditambahkan ke atas tepung. Setelah cukup cair, adonan tentu tak lagi diuleni, tetapi dikepl;ok-keplok. Pengulenen dan pengeplokan yang kurang, membuat serabi tidak berserat.

Proses Mematangkan. Mematangkan serabi dilakukan dengan cara dipanggang. Anda membutuhkan wadah gerabah untuk mematangkannya. Pengaturan api yang cukup akan membuat serat yang terbentuk lebih bagus lagi. Karena pembentukan serat terjadi akibat proses pematangan yang panjang. Api yang terlalu panas, memang akan mematangkan serabi, tetapi tidak bisa membentuk serat. Saus Serabi yang biasa diamakan bersama saus kinca. Berbeda dengan serabi ceylon atau serabi solo. Serabi ini tidak bersaus sama sekali. Serabi Modern Serabi modern berbeda dalam tampilan. Serabi ini biasanya diberi toping yang sangat beragam.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI