Tampilkan di aplikasi

Cake pandan kolak pisang

Majalah Sedap - Edisi 7/2016
15 Juli 2016

Majalah Sedap - Edisi 7/2016

Mencampurkan dua macam kue di dalam sebuah sajian sedang tren saat ini. Kami pernah membahasnya di dalam Kdapan Utama beberpa edisi lalu. Sekarang sentuhan tradisional mulai diterapkan di dalam cake . / Foto : Agustua • Tata Saji Naomi DP

Sedap
Mencampurkan dua macam kue di dalam sebuah sajian sedang tren saat ini. Kami pernah membahasnya di dalam Kudapan Utama beberpa edisi lalu. Sekarang sentuhan tradisional mulai diterapkan di dalam cake . Penggabungan cake modern dan sajian tradisional itu menghasilkan cake yang unik yang menarik perhatian orang. Anda juga bisa menirunya dengan menggabungkan sajian lain. Misal, es doger jadi cake berwarna merah jambu dengan rasa tape dan kelapa muda. Atau seperti yang SEDAP resepkan ini, kolak pisang di dalam cake. Mengapa cakenya dibuat beraroma pandan? Karena di dalam kolak ada aroma pandan. Aroma pandan ini dikawinkan dengan sirop gula merah layaknya kolak yang hadir pada lapisan cake yang tengah dan di atas cream. Pisang yang dikukus dihadirkan di tengah cake supaya kesan perkawinan keduanya makin jelas. Nah, tercipta sudah cake modern yang mendapat sentuhan hidangan tradisional. Indah dan menari.

Bahan Cake Pandan: 100 gram mentega tawar 125 gram tepung terigu protein rendah 100 ml santan (dari 50 gram santan kental instan dan 50 ml air) 25 ml air suji (dari 40 daun suji dan 2 lembar daun pandan) 1 butir telur, kocok lepas 200 gram kuning telur, kocok lepas 300 gram putih telur 1/4 sendok teh garam 1 sendok teh cream of tartar 150 gram gula pasir bahan pake gula palem: 50 gram mentega tawar 65 gram tepung terigu protein rendah 60 ml santan 120 gram kuning telur, kocok lepas 150 gram putih telur 1/8 sendok teh garam 1/2 sendok teh cream of tartar 85 gram gula palem. Bahan filling: 150 gram krim bubuk 300 ml santan kental instan dingin dari 11/2 butir kelapa 150 ml santan kental instan 75 gram gula palem 1/8 sendok teh garam 20 gram maizena larutkan 2 sendok makan air 1 lembar gelatin, rendam, kolak pisang, kolak nangka, tiriskan Bahan Topping: 250 krim bubuk 500 ml air es 4 lembar gelatin, rendam, tiriskan, tim hingga leleh 1/8 pasta pandan Sirop karamel.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI