Tampilkan di aplikasi

Nusa Indonesian Gastronomy

Majalah Sedap - Edisi 10/2016
20 Oktober 2016

Majalah Sedap - Edisi 10/2016

Indonesia memiliki kekayaan budaya kuliner yang begitu luar biasa. Bahkan sejak berabad lalu Indonesia telah dikenal dunia memiliki keunggulan bahan pangan dan bumbu rempah yang tak ada duanya. Namun tak semua budaya kuliner Nusantara dapat dicicipi di banyak restoran yang tersebar di negeri ini. Nah, Nusa Indonesian Gastronomy menghadirkan pengalaman tak biasa dalam menikmati sajian khas Nusantara. Tak hanya cara mengolah makanannya saja yang unik, tapi juga penyajian dan cara menyantapnya.

Sedap
Nusa yang merupakan penggalan dari kata Nusantara sengaja diambil sang chef owner, Ragil Imam Wibowo, untuk menamai restoran terbarunya, Nusa Indonesian Gastronomy. Restoran berkonsep casual fine dining ini menyajikan berbagai menu tradisional Nusantara dari Sabang sampai Merauke, yang tampaknya akan sulit ditemui di restoran mana pun di negeri ini.

“Makanan tradisional Indonesia sebenarnya tak hanya yang biasa kita temui di restoran-restoran yang sudah ada. Ada begitu banyak makanan tradisional Indonesia yang masih bisa dieksplorasi. Sehingga saya buka Nusa Indonesian Grastronomy khusus untuk orang-orang yang mau menghargai makanan dari barat hingga timur Indonesia dan berani mencobanya.” Ragil tentu memiliki alasan kuat mengapa memilih konsep fine dining untuk restorannya kali ini. Kendati tak mengharuskan pengunjung datang dengan setelan jas atau gaun resmi untuk menikmati sajian fine dining di sini, namun Ragil menjamin, semua bahan yang digunakan adalah “fine”.

“Artinya, semua bahan pangan yang digunakan mewah. Bukan dalam arti interior restoran atau peralatan yang dipakai mewah, tapi semua bahan pangan dan bumbu rempahnya didapat dari daerah asalnya. Itu yang mewah. Sehingga pada satu titik kami menganggap semuanya tersaji secara proper,” terangnya. Ia tak sekadar meracik bahan pangan serta berbagai bumbu rempah menjadi aneka hidangan tradisional Indonesia yang sudah dikenal masyarakat saja. Melainkan mempresentasikannya ke dalam wujud yang tak biasa, bahkan di luar ekspektasi siapa pun yang hendak menyantapnya.

Bahan pangan yang digunakan dalam seluruh hidangan Nusa Indonesian Gastronomy didapat dari banyak daerah di Indonesia, yang dikelola oleh petani serta produsen pangan yang bertanggung jawab. Luar biasanya, bahan pangan dan bumbu rempah yang digunakan merupakan hasil bumi dari daerah tertentu yang telah memiliki sertifikasi Indikasi Geografis (IG).
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI