Tampilkan di aplikasi

Museum sejarah makanan di dunia

Majalah Sedap - Edisi 10/2016
20 Oktober 2016

Majalah Sedap - Edisi 10/2016

Salah satu cara menghargai dan melestarikan makanan tradisional kita adalah dengan mendirikan museum makanan. Museum yang memperkenalkan suatu makanan secara detail itu membuat tiap generasi bahkan orang dari berbagai negeri yang singgah di sana jadi mengenal makanan kita. Nah, inilah sebagian museum makanan dunia yang cukup terkenal.

Sedap
Chocolate Museum Cologne Lokasinya di tepi sungai Rhine, Cologne, Jerman. Di bangunan tiga lantai ini orang bisa melihat bagaimana cokelat Lindt diproduksi, belajar sejarah cokelat. Di sini juga, dari April sampai Oktober dioperasikan taman bir. Kehadiran taman bir ini juga untuk mengingatkan betapa Jerman merupakan negara penghasil bir yang luar biasa. Ramen Museum Shin-Yokohama Nah, untuk Anda yang ingin mengenal ramen jepang lebih spesifi k, harus berkunjung ke museum ini di Yokohama. Di sini selain sejarah ramen dan fakta tentang ramen yang bisa dilihat, orang juga bisa mencicipi ramen dari berbagai resto ramen terkenal di Jepang. Mereka sengaja memberi porsi-porsi kecil agar orang bisa mencicipi berbagai resto sehingga bisa merasakan ciri khas masing-masing resto. Bangunan museum terdiri dari 2 lantai. Di lantai pertama terdapat pameran tentang sejarah ramen, lengkap dengan mangkuk tradisional mereka. Di lantai 2 merupakan replika Shitamachi (kota tua Tokyo) dan sembilan restoran ramen tadi.

3 .Museum Bratwurst Jerman Museum yang berlokasi di Holzhausen, Jerman ini memperlihatkan betapa negeri ini sangat serius memperkenalkan sosis yang sudah diproduksi sejak tahun 1432 ini. Di sini semua orang bisa mengetahui sejarah sosis nan enak ini . Bahkan di dalamnya ada bioskop, patung babi emas. Museum ini selalu jadi tuan rumah kontes lagu tahunan untuk memuji kehadiran sosis ini. 4. Potato Museum Kanada Segala sesuatu tentang kentang bisa dilihat di museum yang terletak di Prince Edward Island, Kanada ini. Selain tentang kentang, mesin pertanian yang berhubungan dengan kentang juga ada di sini. Kalau Anda kepingin menyantap makanan berbasis kentang pun bisa. Ada patung kentang raksasa yang menjadi ciri khas museum ini. Masih tentang kentang, Frietmuseum (Bruges, Belgia) juga merupakan museum kentang. Hanya saja dengan spesifi kasi kentang goreng. Sungguh mengejutkan mengingat kentang goreng populer bukan datang dari Belgia.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI