Tampilkan di aplikasi

Berburu gudeg & bakmi jawa legendaris di Yogyakarta

Majalah Sedap - Edisi 11/2016
17 November 2016

Majalah Sedap - Edisi 11/2016

Kendati sudah semakin banyak kedai, kafe, atau restoran yang menyajikan makanan kekinian di Kota Gudeg, Yogyakarta, namun para pelancong tetap saja tak ingin melewatkan kelezatan gudeg dan bakmi jawa yang bercitarasa khas dan diolah secara tradisional. SEDAP merekomendasikan 4 tempat legendaris untuk menikmati gudeg dan bakmi jawa yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi.

Sedap
Rumah Makan Manggar Manding LEZATNYA GUDEG & LUMPIA BUNGA KELAPA Di Yogyakarta, gudeg tak hanya dapat dibuat dari nangka muda saja. Di kawasan Bantul justru populer gudeg manggar atau berbahan bunga kelapa. Namun seiring waktu, ketersediaan bunga kelapa kian langka sehingga harganya cukup tinggi. Inilah yang membuat gudeg manggar jadi istimewa. Rumah Makan Manggar Manding merupakan salah satu dari sedikit rumah makan yang menyediakan gudeg manggar yang istimewa itu.

Pada dasarnya, citarasa gudeg manggar tak jauh berbeda dengan gudeg nangka muda. Bahan lainnya juga santan dan gula jawa . Perbedaannya terletak pada teksur gudeg setelah matang. Gudeg manggar terasa lebih kesat dibandingkan gudeg nangka muda yang bertekstur lembut. Gudeg ini termasuk kategori gudeg basah atau berkuah. Disajikan bersama sambal krecek dan tahu bacem. Bila ingin lebih lengkap, bisa ditambahkan lauk lainnya seperti telur ayam atau daging ayam yang dimasak di dalam bumbu gudeg. Seporsi lengkap gudeg manggar harganya Rp 20 ribu. Bila tambah pelengkap, tentu harganya berbeda.

Untuk memenuhi kebutuhan para penggemar gudeg manggar, rumah makan ini memasak 6-10 kilogram bunga kelapa muda mentah, dua hari sekali. Rumah makan ini juga menyediakan menu baru yaitu lumpia manggar. Isi lumpia selain manggar, ada suwiran daging ayam berbumbu gudeg yang gurih dan manis. Selain dapat dinikmati di tempat, lumpia manggar juga dijual mentah untuk dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh. Satu buah lumpia manggar harganya Rp 5.500. Sedangkan satu paket isi tiga lumpia harganya Rp 15 ribu. Sebagai pelepas dahaga, Rumah Makan Manggar Manding menyediakan minuman khas Teh Batok yang harganya Rp 13 ribu per gelas. Uniknya, minuman ini tak menggunakan teh, melainkan hasil rebusan jahe, daun serai, daun pandan, daun jeruk, dan gula batu. Disajikan di dalam gelas batok, lengkap dengan sendok kayunya.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI