Tampilkan di aplikasi

Kampung coklat

Majalah Sedap - Edisi 12/2016
4 Januari 2017

Majalah Sedap - Edisi 12/2016

Bagi penyuka cokelat, tampaknya perlu menyempatkan diri berwisata bersama keluarga ke Blitar, Jawa Timur. Di kota ini terdapat desa wisata edukasi bernama Kampung Coklat. Anda bisa menikmati sensasi makan dan minum di area kebun cokelat dengan aneka sajian yang semuanya mengandung cokelat. Es krim, permen, mi ayam, jenang, dan sebagainya. Penasaran? / Foto : Izzas

Sedap
Wisata edukasi Kampung Coklat kini merupakan salah satu lokasi wisata favorit warga sekitar dan orang-orang yang tengah berkunjung ke kota kelahiran presiden pertama RI, Ir. Soekarno ini. Tak sekadar sebagai tempat wisata, Kampung Coklat juga menyediakan serangkaian program menarik di dalamnya.

Lokasi Kampung Coklat tak terlalu jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Banteng, Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar (Jatim). Seusai membayar biaya retribusi sebesar Rp 5 ribu per orang, pengunjung akan langsung menghirup udara yang menguarkan aroma cokelat yang kental. Aroma kuat cokelat ini datang dari biji cokelat yang dijemur di sepanjang pintu masuk.

Begitu memasuki kawasan ini, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan dan suasana yang sangat asri. Teduhnya pepohonan kakao yang sedang berbuah lebat, menjadi tempat yang asyik untuk bercengkerama atau bersantai bersama keluarga.

Apalagi tepat di bawah pepohonan tersedia meja dan kursi bagi pengunjung. Oh ya, ternyata cokelat juga tak hanya bisa diolah menjadi sajian yang manis-manis saja, lo. Di sini juga tersedia mi cokelat.

Mi gepeng berwarna cokelat ini disajikan dalam menu mi ayam.

Mi cokelatnya diberi toping suwiran daging ayam serta taburan bawang goreng.

Bagaimana dengan rasanya? Tak jauh berbeda dari mi ayam pada umumnya. Penambahan bahan kakao pada adonan mi tak menggangu cita rasa mi ayamnya, hanya sekadar untuk memberi warna saja. Seporsi mi ayam cokelat ini cukup terjangkau, hanya Rp 8 ribu saja per mangkuk.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI