Tampilkan di aplikasi

5 Sumber makanan untuk kulit sehat

Majalah Sedap - Edisi 03/2018
6 Maret 2018

Majalah Sedap - Edisi 03/2018

Jika kulit tampak lebih tua dari usia sebenarnya, mudah mengalami infeksi, sering iritasi, terus-menerus jerawatan, itu berarti ada yang tak beres dengan kesehatan tubuh kita. / Foto : Istimewa

Sedap
Siapa yang tak ingin punya kulit mulus terawat? Sedap Lovers pasti sepakat, kulit yang sehat adalah indikator dari tubuh yang sehat. Keseimbangan gizi pun bisa dilihat tak hanya dari tekanan darah atau kadar kolesterol, tapi juga dari tampilan kulit.

Jika kulit tampak lebih tua dari usia sebenarnya, mudah mengalami infeksi, sering iritasi, terus-menerus jerawatan, itu berarti ada yang tak beres dengan kesehatan tubuh kita. Mungkin saja itu berkaitan dengan kondizi gizi, lo.

Jika selama ini kita begitu peduli dengan urusan kecantikan kulit, sehingga kerap membeli bedak, krim kulit, atau produk kecantikan lainnya, seharusnya kita lebih peduli lagi terhadap urusan makanan. Produk kosmetik mungkin hanya akan membuat kulit tampak lebih cantik. Tapi gizi jelas akan membuat kulit lebih sehat.

Pedoman umum gizi seimbang sebetulnya cukup mewakili kebutuhan gizi kulit. Zat-zat gizi esensial bagi kulit antara lain vitamin C, vitamin A, vitamin E, antioksidan, biotin, asam lemak esensial, dan mineral. Semua zat gizi ini harus kita peroleh dalam jumlah cukup setiap hari dari sumber makanan.

Berikut ini beberapa contoh makanan yang kaya zat-zat gizi tersebut:

1. Biji-bijian & Minyaknya. Biji-bijian adalah sumber vitamin E, asam lemak esensial, dan mineral. Kita bisa mengonsumsinya langsung dalam bentuk biji-bijian utuh yang dimasak, misalnya beras merah, beras pecah kulit, wijen. Selain tiga gizi di atas, kulit ari beras juga kaya biotin, vitamin B yang berfungsi menjaga kesehatan kulit.

2. Tomat. Semua sayur bagus untuk kesehatan kulit. Tapi dari kategori sayur, tomat perlu disebut di awal karena makanan ini punya banyak keunggulan. Tomat banyak mengandung vitamin C, provitamin A, dan antioksidan likopen. Tomat bisa kita makan langsung, misalnya dijus atau disambal mentah. Dalam kondisi belum dimasak, tomat memberi kita vitamin C lebih banyak.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI