Tampilkan di aplikasi

Nectaria Ayu, manfaatkan kebun mertua hingga tercipta pasar langsat & 1 buku

Majalah Sedap - Edisi 05/2019
30 April 2019

Majalah Sedap - Edisi 05/2019

Nectaria Ayu

Sedap
Pada suatu hari Sabtu, tampak berjajar tenda-tenda warung makan di halaman sebuah rumah di bilangan Jakarta Selatan. Setiap tenda warung tadi menjajakan beragam olahan makanan dan sayuran segar yang menyehatkan. Ada beras, kol, brokoli, juga aneka sayuran organik lain, hingga beragam makanan jadi yang diolah menggunakan bahan-bahan serba organik dan alami, yang dijual dengan harga cukup terjangkau.

Namun siapa sangka, area halaman rumah yang tak terlalu luas itu, telah diubah menjadi layaknya sebuah pasar kecil yang ternyata ramai peminatnya. Pasar Langsat Jakarta merupakan nama pasar kecil tadi, yang hanya beroperasi setiap 2 bulan sekali di rumah itu. “Sebelumnya, Pasar Langsat kami adakan setiap sebulan sekali. Tapi sekarang menjadi dua bulan sekali supaya bisa bikin kangen pengunjung,” tutur Nectaria Ayu, penggagas Pasar Langsat Jakarta.

Pasar Langsat Jakarta. Ayu menjelaskan, Pasar Langsat Jakarta didirikan atas inisiatif dirinya bersama para penggiat makanan sehat yang berada di sekitar Jabodetabek. Para penggiat itu berasal dari berbagai latar belakang, seperti komunitas dan ada juga yang memang mandiri sebagai pebisnis makanan organik.

“Saya sendiri juga pebisnis makanan organik. Makanya, kami membentuk Pasar Langsat sebagai wadah. Tidak cuma sebagai tempat berdagang, tapi juga sebagai tempat workshop,” ujar wanita yang gemar tampil sporty itu.

Warung Kebunku merupakan bisnis kuliner sehat yang digagas Ayu, setelah menetap beberapa tahun di ‘pondok mertua indah’ pasca menikah di tahun 2012. Ide bisnis kuliner sehat ini pun datang ketika dirinya diminta membantu sang mertua untuk turut berkecimpung di dalam bisnis perkebunan sayur organik milik keluarga yang berada di kawasan Gadog, Jawa Barat.
Majalah Sedap di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI