Tampilkan di aplikasi

Buku Selaras Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Auditing

Tinjauan Teoritis dan Riset Edisi 1

1 Pembaca
Rp 90.000 22%
Rp 70.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 210.000 13%
Rp 60.667 /orang
Rp 182.000

5 Pembaca
Rp 350.000 20%
Rp 56.000 /orang
Rp 280.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

Buku ini mendeskripsikan mengenai prosedural bidang pengauditan yang dapat digunakan untuk melakukan pengauditan dan memecahkan masalah-masalah dalam pengauditan, termasuk tujuan dan langkah-langkah audit atas laporan keuangan, serta elemen kunci perikatan asurans dan standard yang berlaku dan relevan.

Sistemat ika pembahasan buku Audi t ing ini yai tu memberikan ilmu dan pengalaman belajar dengan memberikan wawasan mengenai konsep dasar auditing dan proses auditing tahap 1, mendeskripsikan tujuan dan langkah-langkah audit atas laporan keuangan, menguasai pengetahuan dan teori bidang akuntansi yang dapat digunakan untuk melakukan pengauditan dan memecahkan masalah-masalah dalam pengauditan, menjelaskan elemen kunci perikatan asuransi dan ketentuan standar yang berlaku yang relevan dalam suatu perikatan, serta pengetahuan dan konsep pencegahan dan deteksi kecurangan dalam pengauditan

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Siti Maria Wardayati / Wasito / Septarina

Penerbit: Selaras Media
ISBN: 9786026228512
Terbit: Oktober 2018 , 275 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

Buku ini mendeskripsikan mengenai prosedural bidang pengauditan yang dapat digunakan untuk melakukan pengauditan dan memecahkan masalah-masalah dalam pengauditan, termasuk tujuan dan langkah-langkah audit atas laporan keuangan, serta elemen kunci perikatan asurans dan standard yang berlaku dan relevan.

Sistemat ika pembahasan buku Audi t ing ini yai tu memberikan ilmu dan pengalaman belajar dengan memberikan wawasan mengenai konsep dasar auditing dan proses auditing tahap 1, mendeskripsikan tujuan dan langkah-langkah audit atas laporan keuangan, menguasai pengetahuan dan teori bidang akuntansi yang dapat digunakan untuk melakukan pengauditan dan memecahkan masalah-masalah dalam pengauditan, menjelaskan elemen kunci perikatan asuransi dan ketentuan standar yang berlaku yang relevan dalam suatu perikatan, serta pengetahuan dan konsep pencegahan dan deteksi kecurangan dalam pengauditan

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Alhamdulilah dan Puji syukur kehadirat Allah SWT, Sang Pencipta semesta alam yang senantiasa melimpahkan rachman dan rachim-Nya kepada segenap umat. Atas karunia-Nya pula, buku Auditing : Tinjauan Teoritis dan Riset, Buku I, Edisi I dapat terselesaikan.

Buku ini mendeskripsikan tentang Auditing yang merupakan kegiatan jasa yang penting baik bagi akuntan internal maupun akuntan eksternal. Hal ini dikarenakan auditing memerankan fungsi penting dalam perekonomian suatu negara, khususnya untuk menjamin agar informasi yang akan digunakan dalam pembuatan keputusan (misalnya: alokasi sumber daya dan pasar modal) bisa dipercaya. Buku ini dirancang untuk memberikan ilmu dan pengalaman belajar dengan memberikan wawasan mengenai konsep dasar auditing dan proses auditing tahap 1.

Capaian yang ingin diperoleh dari buku ini adalah dari Sikap yang mengharapkan mahasiswa dapat: (1) bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, (2) bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan,(3) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, dan (4) menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Sedangakan capaian dari sisi Pengetahuan yaitu mahasiswa menguasai pengetahuan prosedural bidang pengauditan yang dapat digunakan untuk melakukan pengauditan dan memecahkan masalah-masalah dalam pengauditan, termasuk tujuan dan langkah-langkah audit atas laporan keuangan, serta elemen kunci perikatan asurans dan standard yang berlaku dan relevan.

Sedangkan capaian dari Ketrampilan Umum mengharapkan mahasiswa: (1) mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya, (2) mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, dan (3) mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. Capaian dari Ketrampilan Khusus menginginkan mahasiswa (1) mampu mendeskripsikan 3 standar umum auditing, 3 standar pekerjaan lapangan, 4 standar pelaporan, (2) mampu mendeskripsikan konsep dasar auditing, (3) mampu mendeskripsikan perencanaan audit, dan (4) mampu mendeskripsikan dan mengaplikasikan audit tahap 1.

Sistematika pembahasan buku Auditing : Tinjauan Teoritis dan Riset ini yaitu materi untuk memperdalam konsep teori yang terdiri dari 13 Bab pokok pembahasan yang disertasi dengan penjelasanpenjelasan hasil riset yang telah dilkakukan terhadap permasalahan Auditing disertai dengan soal-soal yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebagai wujud evaluasi dari topik-topik pembahasan Auditing.

Besar harapan penulis, kiranya buku Auditing : Tinjauan Teoritis dan Riset untuk Buku I dan Edisi I yang merupakan salah satu output dari Hibah Keris JEMASURA dapat bermanfaat bagi berbagai kebutuhan dan kepentingan yang ada.

Penulis ingin mengucapkan terima kasih setulus-tulusnya terhadap Rektor, Wakil Rektor I, Ketua, Dekan FEB dan Para Pimpinan dan Staf LP2M Universitas Jember yang menciptakan suasana kampus civitas akademika agar selalu berkarya dengan inovasi baru dan bermanfaat bagi stakeholder UNEJ. Terima kasih pula terhadap rekanrekan di Jurusan Akuntansi FEB Unej dan semua pihak yang telah memberikan dorongan dan membantu penulis dalam menyelesaikan buku ini khususnya Ibu Umi Una Inah dan Bapak Arif Hidayatullah yang banyak memberikan dukungan moril dan selalu memberi kekuatan dan inspirasi dalam berkarya di dunia pendidikan.

Penulis menyadari buku ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu penulis mengharapkan saran yang konstruktif dari para pembaca.

Jember, 15 Oktober 2018

Team Penyusun

Penulis

Siti Maria Wardayati - Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., CPA., CSRS., CRMO.

Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., CPA., CSRS., CRMO. lahir di Pamekasan, 05-Agustus-1966. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (Jurusan Akuntansi), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) Malang pada tanggal 20-Desember-1990. Selain itu, Beliau memperoleh gelar M.Si. (Magister Sains) dari Program Pascasarjana Univ. Padjadjaran (Unpad) Bandung pada tahun 1999, dengan bidang kajian utama Akuntansi. Program Doktor diselesaikannya pada Program Pascasarjana Unpad pada tahun 2006, dengan bidang kajian utama Auditing.

Dr. Siti Maria adalah Dosen Akuntansi FEB Univ. Jember (Unej). Jabatan yang pernah diamanahkan kepada Beliau adalah Wakil Dekan I FEB-Unej; Bendahara I APSSAI Unej; Koordinator Program Magister Akuntansi Unej. Beberapa sertifikasi profesi yang dimilikinya adalah Certified Public Accountant (CPA) tahun 2015; Certified Tax Technicion (CTT) dari ATPI tahun 2021; Certified International Lead Auditor (CILA) tahun 2022; Certified Risk Management Professional (CRMP) 2022. Pengalaman sebagai auditor diperoleh dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Made Sudarma dan Rekan; KJA Soca Baskara; KAP Wartono dan Rekan; KAP KBAA; KAP HBA; KAP Suprihadi & Rekan. Ibu Siti menjadi konsultan di Lembaga Pendidikan Akuntansi Manajemen PRATHAMA JEMBER dan juga sebagai Ketua Perhimpunan Insan Akuntansi (2004–2008).
Wasito - Drs. Wasito, M.Si, Ak , CA., CPA lahir di Banyuwangi, tanggal 3 Januari 1960, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang, Jurusan Akuntansi, pada tahun 1986.

Selain itu ia memperoleh gelar M.Si (Magister Science Indonesia) dari Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang dengan bidang kajian utama Akuntansi di tahun 2002. Saat ini ia sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember.

Pengalaman Auditor di peroleh dari KAP. HM ACHSIN pada tahun2005-2010 dan saat ini bergabung di KAP. KBAA. Selain itu ia menjadi konsultan Akuntansi dan Manajemen Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi sejak tahun 1998-sekarang. Selain itu juga menjadi Badan Pengawas Koperasi Syariah padi Nusantara pada tahun 2010 – sekarang
Septarina - Septarina P. D. S, SE, MSA, Ak, CA, CSRS lahir di Jember, tanggal 12 September 1982, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Jember, Jurusan Akuntansi, pada tahun 2005. Selain itu ia memperoleh gelar M.SA (Magister Akuntansi) dari Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya dengan bidang kajian utama Akuntansi di tahun 2012. Saat ini ia sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember.

Daftar Isi

Cover Depan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1: Auditing Pendahuluan
     1.1 Sejarah Undang-Undang Akuntan Pubblik (No. 5 Tahun 2011)
          1.1.1 Akuntan Publik
          1.1.2 Profesi Akuntan Publik
          1.1.3 Keistimewaan Undang-Undang Akuntan Publik
          1.1.4 Tinjauan Teoritis Undang-Undang Akuntan Publik
          1.1.5 Sosialisasi Undang-Undang Akuntan Publik
          1.1.6 Hasil Rekapan Kuisioner Evaluasi Undang-Undang Akuntan Publik
          1.1.7 Bule Pirint Komunitas Ekonomi ASEAN
          1.1.8 Undang-Undang Akuntan Publik Dan Blue Print Komunitas  Ekonomi ASEAN
     1.2 Evaluasi Auditing: Pendahuluan
Bab 2: Profesi Akuntan dan Kewajiban Hukum
     2.1 Tanggung Jawab Auditor
     2.2 Pemahaman Hukum dalam Kewajiban Auditor
     2.3 KewajibanHukumBagi Auditor
     2.4 Tinjauan Beberapa Kasus
     2.5 Evaluasi Profesi Akuntan Dan Kewajiban Hukum
Bab 3: Tantangan Profesi Akuntan dalam Menyongsong MEA dan Integrasinya dalam Pendidikan Akuntansi
     3.1 Tantangan dan Peluang Profesi Akuntan Di Era MEA
     3.2 Strategi Akuntan Dalam Menghadapi MEA
     3.3 Standar Kompetensi Lulusan Sarjana Akuntansi
     3.4 Sinergi Peran MenghadapiMEA
          3.4.1 Peran Stakeholders Akuntan diMEA
          3.4.2 Peran Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
     3.5 Strategi Pendidikan Akuntansi untuk Mampu Menghasilkan Seorang Profesi Akuntan yang Memiliki Daya Saing terhadap Akuntan Asing
     3.6 Evaluasi Tantangan Profesi Akuntan Dalam Menyongsong MEA Dan Integrasinya Dalam Pendidikan Akuntansi
Bab 4: Bukti Audit dan Pengendalian Internal
     4.1 BuktiAudit (Audit Evidence)
          4.1.1 Accounting Records
          4.1.2 Appropriateness of Audit Evidence
          4.1.3 Audit Evidence ISA 500
          4.1.4 Expert Management
          4.1.5 Sufficiency of Audit Evidence
     4.2 Kewajiban Auditor
          4.2.1 Bukti Audit yang Cukup dan Tepat
          4.2.2 Informasi yang Digunakan sebagai Bukti Audit
          4.2.3 Sampling untuk Memperoleh Bukti Audit
          4.2.4 Inkonsistensi dalam Bukti Audit atau Ragu mengenai Keandalan
     4.3 Prosedur Audit untuk Memperoleh Bukti Audit
          4.3.1 Inspection (Inspeksi)
          4.3.2 Observation (Pengamatan)
          4.3.3 External confirmation (Konfirmasi Eksternal)
          4.3.4 Recalculation (Perhitungan Kembali)
          4.3.5 Reperformance (Lakukan Kembali)
          4.3.6 Analitical Prosedur (Prosedur Analitikal)
          4.3.7 Inquiry (Bertanya)
     4.4 Memilih Item untuk Memperoleh Bukti Audit
          4.4.1 Pilih Semua Items atau Pemeriksaan 100%
          4.4.2 Pilih Items Tertentu (Specific Items)
          4.4.3 Audit Sampling
     4.5 Pengendalian Internal
     4.6 Kutipan ISA 315
     4.7 Tujuan Pengendalian Internal
     4.8 Komponen Pengendalian Internal
          4.8.1 Control Environment (Lingkungan Pengendalian)
          4.8.2 Risk Assessment (Penilaian Risiko)
          4.8.3 Information System (Sistem Informasi)
          4.8.4 Control Activities (Kegiatan Pengendalian)
          4.8.5 Monitoring (Pemantauan)
     4.9 Hasil-Hasil Riset Tentang Pengendalian Internal
          4.9.1 Pengendalian Internal Pada Organisasi Profit Oriented
          4.9.2 Pengendalian Internal Pada Organisasi Non Profit Oriented
          4.10 Evaluasi Bukti Audit Dan Pengendalian Internal
Bab 5: Prosedur Penilaian Risiko, Estimasi Akuntansi, Pihak-Pihak yang Berelasi
     5.1 Prosedur Penilaian Resiko
          5.1.2 Prosedur Penilaian Risiko – ISA 315
     5.2 Estimasi Akuntansi
     5.3 Audit atas Estimasi Akuntansi
          5.3.1 Penilaian Risiko
          5.3.2 Tanggapan Atas Risiko
          5.3.3 Pelaporan
          5.3.4 Representasi Tertulis
     5.4 Pihak-Pihak yang Berelasi
     5.5 Evaluasi Prosedur Penilaian Risiko, Estimasi Akuntnasi, Pihak-Pihak Yang Berelasi
Bab 6: Materialitas dan Kertas Kerja Pemeriksaan
     6.1 Materialitas dan Hubungannya dengan Rule Based Standard
          6.1.1 Pengertian Materialitas
          6.1.2 Materialitas dan Rules-Based Standards
     6.2 Penentuan Proses Materialitas
          6.2.1 Langkah Pertama
          6.2.2 Langkah Kedua
          6.2.3 Langkah Ketiga
     6.3 Konsep Materialitas dalam Proses Audit
          6.3.1 Materialitas pada Dua Tingkat
          6.3.2 Empat Konsep Materialitas
     6.4 Kertas Kerja Pemeriksaan
          6.4.1 Pengertian Kertas Kerja Pemeriksaan
          6.4.2 Tujuan Kertas Kerja Pemeriksaan
          6.4.3 Isi Kertas Kerja Pemeriksaan
          6.4.4 Tipe Kertas Kerja Pemeriksaan
          6.4.5 Penyusunan Kertas Kerja Pemeriksaan
          6.4.6 Karakteristik Kertas Kerja yang Baik
          6.4.7 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kertas Kerja Pemeriksaan yang Baik
          6.4.8 Pengarsipan Kertas Kerja Pemeriksaan
     6.5 Evaluasi Materialitas dan Kertas Kerja Pemeriksaan
Bab 7: Laporan Auditor, Peristiwa Kemudian, Kesinambungan Usaha, Audit Kelompok Usaha, dan Audit Plus
     7.1 Hakikat dan Kebutuhan Akan Laporan Audit
     7.2 Jenis Peristiwa Kemudian (Subsequent Events)
     7.3 Pentingnya Status Going Concern bagi Pengguna Laporan Keuangan
     7.4 Evaluasi Laporan Auditor, Peristiwa Kemudian, Kesinambungan Usaha, Audit Kelompok, dan Audit Plus
Bab 8: Perencanaan Audit, Program Audit, Prosedur Audit, dan Teknik Audit
     8.1 Perencanaan Audit
     8.2 Program Audit
     8.3 Prosedur Audit dan Teknik Audit
     8.4 Evaluasi Perencanaan Audit, Program Audit, Prosedur Audit, dan Teknik Audit
Bab 9: Proses Audit Tahap I: Menerima dan Melanjutkan Penugasan & Kasus
     9.1 Proses Seorang auditor dalam Menerima dan Melanjutkan Penugasan
          9.1.1 Kewajiban Auditor
          9.1.2 Pengecekan Latar Belakang
          9.1.3 Prakondisi untuk Suatu Audit (ISA 210)
          9.1.4 Menyepakati Syarat-syarat Perikatan
          9.1.5 Memutakhirkan Surat Penugasan
          9.1.6 Perubahan Syarat Penugasan
     9.2 Mengimplementasikan Proses Menerima dan Melanjutkan Penugasan dalam Sebuah Kasus
     9.3 Evaluasi Proses Audit Tahap I: Menerima dan Melanjutkan Penugasan dan Kasus
Bab 10: Proses Audit Tahap I: Strategi Audit Menyeluruh, Menentukan dan Menggunakan Materialitas dan Kasus Materialitas
     10.1 Perencanaan dan Strategi Audit Sesuai dengan ISA 300
     10.2 Menyusun Strategi Audit secara Menyeluruh
     10.3 Mengkomunikasikan Rencana Audit
     10.4 Dokumentasi
     10.5 Acuan dan Konsep Materialitas
          10.5.1 Overall Materiality dan Specific Materiality
          10.5.2 Sifat Salah Saji
          10.5.3 Performance Materiality
          10.5.4 Menentukan Materialitas dalam Perencanaan dan Penilaian Risiko
     10.6 Materialitas dalam Pelaksanaan Prosedur Audit
     10.7 Materialitas dalam Pelaporan
          10.7.1 Hal-Hal Lain
          10.7.2 Pendokumentasian Materilitas
     10.8 Evaluasi Prosedur Audit Tahap I : Startegi Audit Menyeluruh, Menentukan dan Menggunakan Materialitas dan Kasus Materialitas
Bab 11: Proses Audit Tahap I: Diskusi Audit, Mengindentifikasikan Risiko Bawaan
     11.1 Proses dalam Diskusi Tim Audit
          11.1.1 Pertemuan Perencanaan Tim Audit
          11.1.2 Berbagi Insights tentang Entitas
          11.1.3 Bertukar Pikiran
     11.2 Proses dalam Mengidentifikasi Risiko Bawaan.
     11.3 Evaluasi Proses Audit Tahap I : Diskusi Audit, Mengidentifikasikan Risiko Bawaan
Bab 12: Proses Audit I: Menilai Risiko Bawaan, Risiko Signifikan dan Kasus Menilai Risiko
     12.1 Penilaian Risiko oleh Entitas
          12.1.1 Penilaian Risiko oleh Entitas
          12.1.2 Mendokumentasikan Risiko yang Dinilai
     12.2 Risiko Signifikan
          12.2.1 Mengidentifikasi Risiko Signifikan
          12.2.2 Menanggapi Risiko Signifikan
          12.2.3 Mendokumentasikan Risiko Signifikan
     12.3 Evaluasi Proses Audit I : Menilai Risiko Bawaan, Risiko Signifkan dan Kasus Menilai Risiko
Daftar Pustaka
Biodata
Cover Belakang