Tampilkan di aplikasi

Buku Selaras Media hanya dapat dibaca di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.

Implementasi Determinan Kinerja Auditor Internal Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)

1 Pembaca
Rp 90.000 22%
Rp 70.000

Patungan hingga 5 orang pembaca
Hemat beli buku bersama 2 atau dengan 4 teman lainnya. Pelajari pembelian patungan disini

3 Pembaca
Rp 210.000 13%
Rp 60.667 /orang
Rp 182.000

5 Pembaca
Rp 350.000 20%
Rp 56.000 /orang
Rp 280.000

Pembelian grup
Pembelian buku digital dilayani oleh penerbit untuk mendapatkan harga khusus.
Hubungi penerbit

Perpustakaan
Buku ini dapat dibeli sebagai koleksi perpustakaan digital. myedisi library

BPKP merupakan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang berperan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Berdasarkan pasal 49 ayat (2) PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, BPKP melakukan fungsi pengawasan internal terhadap akuntabilitas keuangan negara berdasarkan perintah Presiden. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menegaskan peran BPKP sebagai auditor Presiden yang bertugas melakukan pengawasan intern akuntabilitas keuangan negara dan pembina penyelenggaraan SPIP. Peran strategis tersebut telah disikapi dengan melakukan reposisi dan revitalisasi (repovi).

Ikhtisar Lengkap   
Penulis: Siti Maria Wardayati / Septarina / Alfi Arif / Nining Ika Wahyuni / Wasito / Husnul Irfan Efendi / Arif Hidayatullah / Muhamad Wahyu Rahmadani Is Arafi

Penerbit: Selaras Media
ISBN: 9786236980200
Terbit: Desember 2021 , 147 Halaman

BUKU SERUPA










Ikhtisar

BPKP merupakan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) yang berperan dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Berdasarkan pasal 49 ayat (2) PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, BPKP melakukan fungsi pengawasan internal terhadap akuntabilitas keuangan negara berdasarkan perintah Presiden. Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menegaskan peran BPKP sebagai auditor Presiden yang bertugas melakukan pengawasan intern akuntabilitas keuangan negara dan pembina penyelenggaraan SPIP. Peran strategis tersebut telah disikapi dengan melakukan reposisi dan revitalisasi (repovi).

Pendahuluan / Prolog

Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat serta hidayah-Nya sehingga Karya Ilmiah buku "Implementasi Determinan Kinerja Auditor Internal Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)" terselesaikan.

Buku Ajar ini tersusun secara sistematis untuk memudahkan pemahaman bagi pembaca khususnya mahasiswa yang mengikuti kuliah Internal Auditing. Rangkaian konsep dan isi yang disajikan dalam Buku Ajar ini bertujuan sebagai jendela pengetahuan bagi pembaca khususnya mahasiswa dalam memahami konsep – konsep secara sistematis. Isi dari Buku Ajar ini disusun berdasarkan hasil penelitian yang menyangkut tentang kinerja seorang auditor internal dalam hal ini BPKP. Buku ini dilengkapi dengan tinjauan teori, penelitian terdahulu, dan hasil penelitian yang terkait dengan kinerja auditor internal yang nantinya dapat membantu pembaca khususnya mahasiswa dalam memahami materi terkait auditor internal khususnya yang bekerja di pemerintahan.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor UNEJ, Ibu Dekan FEB UNEJ, dan Ketua LP2M UNEJ serta semua pihak terutama BPKP yang memberikan kesempatan penulis melalukan penelitian di Kantor Pusat Jakarta dan Tangerang serta Surabaya. Ucapan terima kasih kami ucapkan pula tarhadap pihak-pihak yang telah membantu dalam proses terselesaikannya Buku Ajar "Implementasi Determinan Kinerja Auditor Internal Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)", baik dukungan dari keluarga, teman-teman Dosen sejawat dan mahasiswa yang ikut membantu pemikiran dalam penyempurnaan materi – materi buku serta berkenan memberikan gambaran pemikiran demi terselesaikannya Buku Ajar ini. Saran dan kritik senantiasa penulis harapkan demi kesempurnaan isi dari Buku Ajar ini.

Penulis mengharapkan Buku Ajar yang merupakan keluaran wajib dari Hibah Keris Jemasura Tahun 2021 yang berjudul "Implementasi Determinan Kinerja Auditor Internal Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)" ini dapat menjadi kontribusi yang baik dan dapat sebagai pembuka cakrawala dalam memahami materi internal auditing secara utuh baik secara teoritis dan implemtasinya bagi dunia profesi auditor internal.

Jember, 16 Desember 2021
Penulis

Penulis

Siti Maria Wardayati - Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., CPA., CSRS., CRMO.

Dr. Siti Maria Wardayati, M.Si., Ak., CA., CPA., CSRS., CRMO. lahir di Pamekasan, 05-Agustus-1966. Memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (Jurusan Akuntansi), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB-UB) Malang pada tanggal 20-Desember-1990. Selain itu, Beliau memperoleh gelar M.Si. (Magister Sains) dari Program Pascasarjana Univ. Padjadjaran (Unpad) Bandung pada tahun 1999, dengan bidang kajian utama Akuntansi. Program Doktor diselesaikannya pada Program Pascasarjana Unpad pada tahun 2006, dengan bidang kajian utama Auditing.

Dr. Siti Maria adalah Dosen Akuntansi FEB Univ. Jember (Unej). Jabatan yang pernah diamanahkan kepada Beliau adalah Wakil Dekan I FEB-Unej; Bendahara I APSSAI Unej; Koordinator Program Magister Akuntansi Unej. Beberapa sertifikasi profesi yang dimilikinya adalah Certified Public Accountant (CPA) tahun 2015; Certified Tax Technicion (CTT) dari ATPI tahun 2021; Certified International Lead Auditor (CILA) tahun 2022; Certified Risk Management Professional (CRMP) 2022. Pengalaman sebagai auditor diperoleh dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Made Sudarma dan Rekan; KJA Soca Baskara; KAP Wartono dan Rekan; KAP KBAA; KAP HBA; KAP Suprihadi & Rekan. Ibu Siti menjadi konsultan di Lembaga Pendidikan Akuntansi Manajemen PRATHAMA JEMBER dan juga sebagai Ketua Perhimpunan Insan Akuntansi (2004–2008).
Septarina - Septarina P. D. S, SE, MSA, Ak, CA, CSRS lahir di Jember, tanggal 12 September 1982, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Jember, Jurusan Akuntansi, pada tahun 2005. Selain itu ia memperoleh gelar M.SA (Magister Akuntansi) dari Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya dengan bidang kajian utama Akuntansi di tahun 2012. Saat ini ia sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember.
Alfi Arif - Dr. Alfi Arif, S.E., M.Ak., Ak., CA., CSRS.

Dr. Alfi Arif, S.E., M.Ak., Ak., CA., CSRS. lahir di Jember, 4-Oktober-1972. Menyelesaikan Sarjana Ekonomi (Jurusan Akuntansi) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin (FEB-Unhas) Makassar (1997) dan pendidikan Magister Akuntansi di Univ. Airlangga (Unair) Surabaya (2010). Gelar Doktor diperolehnya dari Univ. Diponegoro (Undip) Semarang (2022). Sejak tahun 2000, Beliau aktif sebagai staf pengajar Jurusan Akuntansi FEB Univ. Jember. Pernah dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Program Studi (Kaprodi) D-3 Akuntansi FEB-UNEJ hingga tahun 2015. Aktifitas lain di luar kampus antara lain pernah terlibat aktif dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (P2KP/PNPM) Mandiri Perkotaan untuk Wilayah Jawa Timur dan Bali (hingga tahun 2009) dan pendampingan teknis keuangan daerah Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (2008–2010). Buku yang dihasilkan berjudul Internal Auditing—Implementasinya dalam Academic Awareness Program.
Nining Ika Wahyuni - Nining Ika Wahyuni, SE., M.Sc., Ak., CA., CSRS., CSRA lahir di Jember, tanggal 24 Juni 1983, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Jember, Jurusan Akuntansi, pada tahun 2005. Memperoleh gelar M.SA (Magister Akuntansi) dari Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tahun 2010 dengan bidang kajian utama Akuntansi Keuangan. Menjabat sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember mulai tahun 2006. Di tahun 2017 terdaftar sebagai mahasiswa Program Doktor Ilmu Akuntansi Universitas Brawijaya Malang dan dalam proses penyelesaian disertasi. Buku yang dihasilkan berjudul Internal Auditing - Implementasinya Dalam Academic Awareness Program.
Wasito - Drs. Wasito, M.Si, Ak , CA., CPA lahir di Banyuwangi, tanggal 3 Januari 1960, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang, Jurusan Akuntansi, pada tahun 1986.

Selain itu ia memperoleh gelar M.Si (Magister Science Indonesia) dari Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro Semarang dengan bidang kajian utama Akuntansi di tahun 2002. Saat ini ia sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember.

Pengalaman Auditor di peroleh dari KAP. HM ACHSIN pada tahun2005-2010 dan saat ini bergabung di KAP. KBAA. Selain itu ia menjadi konsultan Akuntansi dan Manajemen Rumah Sakit Fatimah Banyuwangi sejak tahun 1998-sekarang. Selain itu juga menjadi Badan Pengawas Koperasi Syariah padi Nusantara pada tahun 2010 – sekarang
Husnul Irfan Efendi - Husnul Irfan Efendi, S.E., lahir di Cibinong Bogor, tanggal 18 Februari 1997, lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, Jurusan Akuntansi, pada tanggal 20 Juli 2019. Saat ini masih Menempuh Progrsm Magister Akuntansi di Program Pasca Sarjana Universitas Jember. Pengalaman menjadi staf auditor di KAP HBA. Mengikuti program audit OJK yang ditugaskan untuk pemeriksaan BKD yang ada di Kabupaten Jember dan Situbondo selama periode 02 Februari 2019 – 31 September 2019.
Arif Hidayatullah - Arif Hidayatullah, S.E., M.Ak lahir di Banyuwangi, tanggal 01 Januari 1994, lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember, Jurusan Akuntansi, pada tahun 2017. Pengalaman yang diperoleh selama masa studi yaitu : Tim Peneliti Hibah Dosen (2017), Menjadi Anggota Tim Penyusun Akreditasi D3 Akuntansi, S1 Akuntansi, dan S2 Akuntansi, Tim Audit bersama dengan Dosen di STIKES Genggong Probolinggo dan RSUD Besuki, Bantuan Mengajar (ASDOS) Mata Kuliah Akuntansi Syariah, Tim Audit di Koperasi Telkom Jember, Tim Audit di STDI Jember, Tim Audit yang bekerja sama dengan OJK Jember untuk mengaudit Badan Kredit Desa (BKD) untuk wilayah Jember dan Situbondo. Selain itu ia juga pernah menjadi Pemakalah Seminar Internasional di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (2019) dan Pemakalah Seminar Nasional di Universitas Jember (2019).
Muhamad Wahyu Rahmadani Is Arafi - Lahir di Jember, tanggal 16 Desember 2000, sebagai mahasiswa semester 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember di program studi Akuntansi. Saat ini bekerja di bagian pemasaran pada perusahaan Jember Tin Garden.

Daftar Isi

Sampul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I. Pendahuluan
Bab 2. Teori-teori Diterminan Kinerja Auditor Internal
     2.1 Teori Stakeholder (Stakeholder Theory)
     2.2 Teori Harapan
     2.3 Teori Organisasi
          2.3.1 Teori Organisasi Klasik
          2.3.2 Teori Neo-klasik
          2.3.3 Teori Modern
          2.3.4 Teori Contingency
     2.4 Auditing
     2.5 Kinerja Auditor BPKP
          2.5.1 Peningkatan Kualitas Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional
          2.5.2 Peningkatan Maturitas SPIP dan Efektivitas SPI Korporasi
          2.5.3Peningkatan Kapabilitas Pengawasan Intern Pemerintah Kementerian Lembaga, dan Pemda
     2.6 Profesionalisme Auditor
          2.6.1 Profesional Community Affiliation (Afiliasi Dengan Sesama Profesi)
          2.6.2 Social Obligation (Kewajiban Sosial)
          2.6.3 Belief In Self-Regulation (Keyakinan Akan Peraturan Profesinya)
          2.6.4 Professional Dedication (Dedikasi Profesional)
          2.6.5 Autonomy Demands (Kemandirian)
     2.7 Motivasi
          2.7.1 Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow
          2.7.2 Teori Kebutuhan McClelland
          2.7.3 Teori Harapan
     2.8 Budaya Organisasi
     2.9 Independensi
          2.9.1 Independensi Praktisi
          2.9.2 Independensi Profesi
     2.10 Etika Profesi
Bab 3. Penelitian Terdahulu
     3.1 Kajian Terdahulu
     3.2 Pengembangan Hipotesis
          3.2.1 Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Auditor BPKP
          3.2.2 Pengaruh Etika Profesi terhadap Kinjer Auditor Internal BPKP
          3.2.3Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi
          3.2.4 Pengaruh Etika Profesi terhadap Profesionalisme
          3.2.5 Pengaruh Independensi terhadap Kinerja Auditor BPKP
          3.2.6 Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Auditor BPKP
          3.2.7Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Kinerja Auditor BPKP
Bab 4. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP)
     4. 1 Gambaran Umum BPKP
          4.1.1 Tugas pokok BPKP
          4.1.2 Fungsi BPKP
          4.1.3 Visi dan Misi BPKP
Bab 5. Implementasi dan Hasil Pembahasan
     5.1 Kerangka Konseptual Penelitian
     5.2 Deskripsi Variabel Penelitian
          5.2.1 Deskripsi Variabel Budaya Organisasi (X1)
          5.2.2 Deskripsi Variabel Independensi (X2)
          5.2.3 Deskripsi Variabel Etika Profesi (X3)
          5.2.4 Deskripsi Variabel Motivasi (Y1)
          5.2.5 Deskripsi Variabel Profesionalisme (Y2)
          5.2.6 Deskripsi Variabel Kinerja (Y3)
     5.3 Uji Validitas Dan Reliabilitas
          5.3.1 Uji Asumsi SEM
     5.4 Uji SEM
     5.5 Pembahasan
          5.5.1 Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Auditor BPKP
          5.5.2 Pengaruh Etika Profesi terhadap Kinjer Auditor Internal BPKP
          5.5.3 Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi
          5.5.4 Pengaruh Etika Profesi terhadap Profesionalisme
          5.5.5 Pengaruh Independensi terhadap Kinerja Auditor BPKP
          5.5.6 Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Auditor BPKP
          5.5.7 Pengaruh Profesionalisme Auditor terhadap Kinerja Auditor BPKP
Bab 6. Penutup
     6.1 Kesimpulan
     6.2 Keterbatasan Penelitian
     6.3 Saran
     6.4 Implikasi Penelitian
Daftar Pustaka