Tampilkan di aplikasi

Marigold, bunga tai ayam penghasil emas

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3737
5 Februari 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3737

Selain menjadi bunga hias, Marigold juga ternyata bisa menjadi salah satu tanaman refugia yang ditanam petani di pematang sawah sebagai musuh alami hama dan penyakit tanaman padi.

Sinar Tani
Mungkin banyak yang tak begitu kenal dengan bunga Marigold. Tapi kalau disebut nama Tai Ayam, Tai Kotok, atau Gemitir mungkin masyarakat akan lebih familiar. Di banyak wilayah Indonesia, tanaman tersebut merupakan jenis bunga yang tumbuh liar, bahkan hidup di semaksemak.

Meski sebutan namanya kurang enak terdengar, tapi di Pulau Dewata Bali terdapat kebun bunga Marigold. Lokasinya di daerah Baturiti, terhampar pemandangan indah. Bunga berwarna kekuningan cerah dengan daunnya hijau tua. Jika sempat berkunjung ke lokasi tersebut, memang tidak akan tercium bau wangi. Berbeda jika ke kebun bunga yang ditumbuhi melati atau anggrek.

Di balik julukan yang kurang mengenakkan, si cantik Marigold ini ternyata memiliki peluang emas. Hal itu diakui pemilik pusat pembibitan marigold hybrid Bali Gemitir, Agus Ervani saat ditemui Tabloid Sinar Tani. Menurutnya di Bali, gemitir sangat diperlukan untuk upacara keagamaan dan penghias ruangan hotel dan tempat wisata. “Kebutuhan bunga ini di Bali bisa mencapai 30-40 ton per hari,” ujarnya.

Apalagi menurut Agus, jika menghadapi hari raya, maka permintaannya meningkat pesat. Harganya pun bisa melonjak tinggi. Bisa mencapai Rp 10 ribu- 15 ribu. Tapi yang pasti harganya selalu di atas BEP atau di atas Rp 3.500/kg. “Untuk pemasarannya, kami masih menjual kebutuhan pasar lokal di Bali dan Lombok,” katanya.

Untuk menjaga mutu, lanjut Agus, pihaknya tengah melakukan pendampingan kepada petani dalam budidaya marigold hingga pascapanen. Selain menjadi bunga hias, Marigold juga ternyata bisa menjadi salah satu tanaman refugia yang ditanam petani di pematang sawah sebagai musuh alami hama dan penyakit tanaman padi.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI