Tampilkan di aplikasi

Teknik sambung pucuk pada tanaman bugenvil

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3769
1 Oktober 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3769

Untuk menjaga kelembaban dan mengurangi penguapan, bungkus sambungan menggunakan plastik.

Sinar Tani
Pertanyaan: Saya seorang ibu rumah tangga menanam beberapa pot bunga bugenvil yang biasa disebut bunga kertas di halaman rumah karena warna-warni bunga menyegarkan mata dan memperindah lingkungan.

Saya sering melihat di pinggir jalan, dalam satu pohon bugenvil warna bunganya bermacam-macam, sehingga semakin cantik dilihat. Bagaimana caranya untuk membuat satu pohon bunga menghasilkan bunga aneka warna ? Mohon penjelasan dari Sinar Tani. Emmy, Bandung

Jawaban: Bunga bougainvillea (bugenvil) atau yang biasa disebut bunga kertas berasal dari Amerika Selatan banyak ditanam oleh masyarakat dunia. Perawatannya tidak sulit, hanya menyiram di pagi dan sore hari serta memangkas ranting-ranting yang sudah mengering, bunga-bunga dengan warna yang cantik akan bermekaran.

Fungsi bunga bugenvil bukan hanya mempercantik lingkungan, melainkan dapat menyerap polusi udara. Karenanya tanaman bunga ini banyak ditemui di trotoar dan separator jalan. Bahkan di daerah Bojonegoro, bunga bugenvil dikeringkan dan dijadikan teh untuk diminum karena dianggap Redaksi menerima pertanyaan seputar masalah hama dan penyakit tanaman, ternak atau ikan serta yang terkait dengan persoalan teknis budidaya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Pertanyaan dikirimkan melalui email dengan alamat : sintani@cbn.net.id atau lewat SMS ke Nomor 0878 8160 5773 ditujukan ke Rubrik KLINIK TANI. KLINIK TANI memiliki antioksidan yang tinggi, meredakan batuk dan mencegah kanker. Warna bunganya memang mencolok mata. Ada yang putih, kuning, jingga, merah fanta dan ungu. Bahkan di satu pohon ada yang warna bunganya bermacammacam.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI