Tampilkan di aplikasi

HPS, momentum wujudkan lumbung pangan dunia

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3771
15 Oktober 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3771

Lokasi itu nantinya menjadi tempat panen raya dan gelar teknologi. Dari 750 ha kawasan lahan rawa yang disiapkan, ada sekitar 100 ha akan siap panen.

Sinar Tani
Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan menjadi momentum bangsa Indonesia untuk mewujudkan tekad sebagai Lumbung Pangan Dunia. Apalagi tema World Food Day tahun ini yakni ”Our Actions are Our Future, A Zero Hunger World by 2030 is Possible”.

Tanggal 18-21 Oktober 2018 akan menjadi bagian sejarah baru bagi Kalimantan Selatan karena menjadi lokasi peringatan HPS. Terpilihnya provinsi tersebut sebagai lokasi penyelenggaraan HPS tidak terlepas dari potensi lahan rawa di wilayah tersebut yang cukup luas untuk lahan pertanian produktif.

Seperti diketahui pemerintah saat ini tengah gencar menyasar lahan sub optimal untuk pengembangan pertanian guna memacu produksi pangan nasional. Karena itu pengembangan lahan rawa menjadi tema sentral HPS.

Bahkan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan menyebutkan lahan rawa di Indonesia merupakan raksasa tidur yang akan menjamin ketersediaan pangan di masa depan dan berpotensi mengantar Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.

Optimisme Amran tersebut didasari dengan potensi luas lahan rawa di Indonesia yang mencapai 33,4 juta ha. Seluas 20,14 juta ha merupakan lahan rawa pasang surut dan 13,26 juta ha lahan rawa lebak. Tercatat sekitar 9,53 juta ha diantaranya berpotensi sebagai lahan pertanian produktif.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro meyakini kesiapan HPS di Kalsel sudah memasuki tahap akhir.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI