Tampilkan di aplikasi

11 UPT jadi lokasi pengembangan sapi Belgian Blue

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3774
12 November 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3774

Duta Besar Indonesia untuk Belgia Yuri O Thamrin (tengah) menengok perkembangan sapi Belgian Blue (BB) di Balai Embrio Ternak (BET), Cipelang, Bogor, Senin (5/11).

Sinar Tani
Kepala Balai Embrio Ternak (BET), Oloan Parlindungan mengatakan, pengembangan sapi BB di 11 UPT tersebut merupakan bagian dari roadmap pengembangan sapi BB di Indonesia. Bahkan Menteri Pertanian sudah menerbitkan Kepmentan No. 73 Tahun 2018 tentang Kelompok Kerja Pengembangan Sapi Belgian Blue di Indonesia.

Menurut Oloan, pengembangan sapi BB di Indonesia melalui dua cara. Yakni, teknologi IB (inseminasi buatan) dan TE (transfer embrio). Teknologi TE dilakukan dengan menggunakan embrio yang berasal dari Belgia. Untuk itu dilakukan impor embrio pada tahun 2017 dan 2018 masing-masing sebanyak 900 embrio. Pelaksanaan TE dilakukan untuk menghasilkan sapi BB murni (100%).

“Nantinya keturunan hasil TE akan digunakan di BBIB nasional sebagai penghasil semen beku dan pada UPT perbibitan lingkup Kementan,” kata Oloan di sela-sela kunjungan Duta Besar Indonesia di Belgia Yuri O Thamrin dan Perwakilan Kedubes Belgia di Indonesia, Cristophe Van Overstaeten menengok perkembangan sapi Belgian Blue (BB) di Balai Embrio Ternak (BET), Cipelang, Bogor. Senin (5/11).

Sedangkan teknologi IB dilakukan dengan menggunakan semen beku sapi BB yang diimpor dari Belgia pada tahun 2018 sebanyak 1000 straw. Diharapkan akan dihasilkan keturunan sapi BB dengan komposisi darah 50%. “Keturunan ini akan di-IB dengan semen beku BB dan akan dihasilkan keturunan sapi BB dengan komposisi darah BB 75%,” katanya. Sampai 4 November 2018, total kelahiran sebanyak 91 ekor, 47 ekor hasil TE dan hasil IB sebanyak 44 ekor. Sedangkan sapi yang bunting dari IB sebanyak 126 ekor dan TE sebanyak 150 ekor.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI