Tampilkan di aplikasi

Petani kian sejahtera berkat peningkatan prasarana dan sarana

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3780
26 Desember 2018

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3780

Kesejahteraan petani menjadi salah satu tujuan pembangunan pertanian. Karena itu, pemerintah menggelontorkan berbagai bantuan prasarana dan sarana, dari mulai benih, pupuk dan alat mesin pertanian.

Sinar Tani
Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian, Pending Dadih Permana mengatakan, saat ini sektor pertanian memiliki banyak komponen pendukung yang peranannya sangat vital terhadap kemajuan pertanian. “Sarana dan prasarana pertanian ini menentukan dalam peningkatan produksi pertanian yang diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan petani,” kata Dadih, beberapa waktu lalu.

Menurut Dadih, beberapa program yang mendukung sarana ini antara lain berupa pengembangan dan pengelolaan air, sistem pembiayaan usaha, sistem mekanisasi, fasilitasi penyediaan pupuk bersubsidi dan pendaftaran maupun pengawasan.

“Program itu sangat berdampak positif bagi peningkatan produk hingga kesejahteraan petani. Tercatat adanya peningkatan IP lahan persawahan sebanyak 0,5 di wilayah yang mengalami perbaikan irigasi,” katanya.

Selain itu ungkapnya, petani juga merasa aman dalam melakukan produksi (berusaha tani). Sebab, pemerintah sudah menyediakan layanan asuransi pertanian yang mampu menggenjot potensi lahan penghasil padi baru melalui optimasi lahan rawa di beberapa wilayah.

“Secara nyata program tersebut telah memberi dampak terhadap peningkatan IP (Indeks Pertanaman), penambahan luas baku lahan, penambahan luas tambah tanam, perlindungan usaha tani dan peningkatan produktivitas,” katanya.

Pengelolaan Pengairan Dalam kurun waku 4 tahun, Ditjen PSP telah membangun jaringan irigasi tingkat usaha tani dan pengembangan sumberdaya air dengan model padat karya.

Jaringan yang meliputi irigasi tersier, perpompaan, embung serta dam parit ini nantinya langsung dikelola petani. “Tidak sedikit pelaksanaan kegiatan ini dibarengi dengan dukungan secara swadaya, baik dalam bentuk modal kerja maupun barang,” katanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI