Tampilkan di aplikasi

Semarak panen jagung

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3791
18 Maret 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3791

Mentan, Amran Sulaiman memantau lokasi panen jagung di Tuban

Sinar Tani
Banjir jagung pun terjadi di beberapa kabupaten. Panen jagung bukan hanya berlangsung di lahan sawah, tapi juga lahan marginal. Misalnya yang terjadi di wilayah tapal kuda Jawa Timur yakni Lumajang. Memiliki tanah tegalan yang ditanami pohon sengon, petani Desa Selok Awar- Awar, Kecamatan Pasirian, Kab. Lumajang juga sedang merayakan panen jagung. “Pada Februari ini ada panen di luasan 2.345 ha. Tapi spot-spot (tersebar),” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Imam Suryadi.

Di tahun 2018, Lumajang mampu panen jagung seluas total 25. 168 ha. Diharapkan tahun ini bisa naik, targetnya 27.643 ha. Dengan panen jagung di tengah lahan sengon membuktikan, bahwa Lumajang juga bisa menjadi sentra jagung. Wilayah tapal kuda lainnya yang tengah panen adalah Banyuwangi. Meski sebagian besar lahannya merupakan perbukitan dan kawasan Perhutani, tapi kabupaten di ujung timur Jawa Timur ini juga mampu memasok jagung untuk produksi nasional.

“Lima tahun terakhir tanaman produksi (jati) kosong, sehingga kerjasama dengan Lahan Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dimanfaatkan untuk tanam jagung,” tutur Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Banyuwangi, Ilham Juanda. Adapun lahan Perhutani yang ditanami petani jagung adalah seluas 2 ribu ha di Desa Barurejo yang bisa ditanami 2-3 kali dalam setahun. Produktivitas mencapai 5 ton/ha dengan varietas P39.

”Secara umum, Kabupaten Banyuwangi ada luasan 30 ribu ha di tahun 2018. Tapi di tahun 2019 ini kami optimis bisa menghasilkan sampai 32 ribu ha lahan jagung,” kata Ilham. Luas panen jagung pada januari 1.705 ha, Februari 5.877 ha dan 584 ha pada Maret. Dengan kondisi lahan tadah hujan, pertanaman jagung di Desa Barurejo menjadi penopang hasil jagung di Banyuwangi. Bahkan kondisi pipilan kering dari petani sudah bisa memenuhi kriteria pabrik pakan.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI