Tampilkan di aplikasi

Capai swasembada pangan, lakukan pertanian presisi

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3796
22 April 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3796

Tercapainya ketahanan dan kedaulatan pangan menjadi cita-cita bangsa Indonesia. Untuk mencapai cita-cita itu, swasembada pangan menjadi program utama Kementerian Pertanian.

Sinar Tani
Agar tercapainya cita-cita bangsa, menurut Ketua Umum Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Winarno Tohir, langkah yang harus ditempuh adalah dengan menerapkan pertanian presisi, yakni usaha tani yang merupakan praktik pertanian yang mengefisienkan biaya produksi, mengoptimalkan hasil (produktivitas dan kualitas) dan ramah lingkungan.

“Salah satu contoh pertanian presisi adalah memanfaatkan tanaman padi bukan hanya sebatas bulirnya saja, melainkan semuanya bahkan limbahnya pun dimanfaatkan,” kata Winarno saat acara peluncuran buku ‘Pertanian Presisi untuk Mensejahterakan Petani’ di Jakarta, (15/4).

Winarno menjelaskan, dari tanaman padi itu menghasilkan gabah dan jerami (merang). Dari gabah dapat menghasilkan beras pecah kulit dan sekam. Sedangkan jerami dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan bahan bakar. Beras pecah kulit dapat menghasilkan beras putih dan kulit ari (bekatul). Dari sekam menghasilkan dedak dan bahan bakar.

Kemudian beras putih dapat diolah menjadi makanan pokok, beras kencur, param (obat balur) dan arak. Kalau dari kulit ari menghasilkan dedak (sama seperti dari sekam). Dari dedak ini dapat diolah menjadi pakan ternak dan minyak goreng. “Kalau di Thailand sudah dimanfaatkan semuanya. Bahkan sekam dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk dapat memanaskan turbin. Itu merupakan contoh pertanian presisi,” katanya.

Menurut Winarno, kekuatan pertanian presisi adalah meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan ramah lingkungan. Harapannya dapat meningkatkan keuntungan petani. Dengan ramah lingkungan, keuntungan petani berlanjut terus-menerus selama masa bertani. “Jadi, dengan menerapkan pertanian presisi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani,” tegasnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI