Tampilkan di aplikasi

Satgas pangan kawal ketat OP bawang putih

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3800
20 Mei 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3800

Edi S/Badan Ketahanan Pangan

Sinar Tani
Sebanyak 5 kontainer masing-masing 29 ton bawang putih impor yang tiba di Belawan Rabu, (13/4) langsung disebar di berbagai pasar di kota Medan,Sumatera Utara.”Operasi pasar ini kami lakukan untuk menstabilkan harga bawang putih di tingkat konsumen yang mengalami tren kenaikan beberapa waktuterakhir,” ujar Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Kementan Riwantoro saat melepas Operasi Pasar (OP) di Pasar Petisah Selasa (14/5).

Sejumlah pasar yang dibanjiri OP bawang putih di Kota Medan adalah Pasar Petisah, Pasar Simpang Limun, Pasar Sentral, Pasar Palapa, Pasar Sukaramai dan Pasar Sei Sikambing.Menurut Riwantoro, OP bawang putih dilakukan dari importir dengan menjual kepedagang pengecer dan tidak langsung ke konsumen. Dari 6 pasar tersebut, lanjutnya, akan dipasok sebanyak 460 kg kepada 10 pedagang pengecer per pasar.

”Harga bawang putih yang dijual kepada pedagang pengecer Rp. 25.000/kg, dan kami pastikan dijual ke tingkat konsumen tidak lebih dari Rp. 30.000/kg.Ini tentunya sangat efektif untuk mempengaruhi harga pasar,” ujar Riwantoro.Ditambahkannya, bahwa pasokan bawang putih saat ini dalam kondisi aman, karena stok yang masuk telah mencapai 115 ribu ton, sedangkan kebutuhan hanya 35 ribu ton per bulan.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI