Tampilkan di aplikasi

Antisipasi dini musim kemarau

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3801
27 Mei 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3801

Irigasi air / Foto : Tia/Yul/Ditjen PSP

Sinar Tani
Dalam upaya mencapai target produksi padi nasional sebesar 84 juta ton pada 2019, Kementerian Pertanian berupaya mengoptimalkan lahan sawah yang masih memiliki sumber air yang mencukupi pada musim kemarau, terutama menyediakan infrastruktur irigasi untuk menjamin ketersediaan air. Pemerintah juga menyiagakan alat dan mesin pertanian untuk mempercepat proses pertanaman dan panen, serta asuransi pertanian.

Dengan antisipasi dini itu dapat memberikan jaminan kepada petani agar tidak mengalami kerugian jika terjadi puso akibat kekeringan. Berdasarkan informasi dan kalender tanam, potensi luas tanam padi pada periode musim kemarau 2019 mencapai 3,3 juta ha. Sebagian besar lahan tersebut berada pada daerah irigasi teknis yang sumber airnya terjamin melalui pengelolaan waduk.

Hingga periode awal Mei 2019, luas standing crop tanaman padi mencapai 2,9 juta ha. Luas lahan itu sebagian besar masih berada pada fase awal dengan umur tanaman 1-30 hari. “Kondisi ini harus terus dipantau terkait dengan pemenuhan ketersediaan airnya sehingga terhindar dari resiko kekeringan,” kata Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP), Rahmanto.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI