Tampilkan di aplikasi

Yuk, kembali konsumsi sayuran

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3805
2 Juli 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3805

Cabai dan paprika

Sinar Tani
Hampir sebulan sudah kita menyelesaikan ibadah puasa. Selama puasa, pola makan kita cukup teratur. Sayangnya, memasuki Lebaran, sebagian besar kita melupakan pola makan. Jangan biarkan pola makan kembali tidak teratur. Waktunya kembali untuk memberikan asupan tubuh aneka serat dari sayuran.

Sayuran memang kaya akan berbagai vitamin, mineral dan serat, yang semuanya penting untuk kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan, semakin banyak makan sayuran, kemampuan tubuh kita untuk menangkal penyakit semakin kuat. Makan sayuran adalah kebutuhan penting, karena tidak semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh ada pada produk hewani.

Menurut pakar gizi Universitas Brawijaya, Dian Handayani, sayuran dan buah-buahan sama-sama rendah lemak namun mengandung jumlah vitamin dan mineral yang tinggi. “Semua jenis sayuran, seperti sayuran berdaun hijau dan oranye merupakan sumber yang kaya kalsium, magnesium, kalium, zat besi, beta karoten, vitamin B-kompleks, Vitamin C, Vitamin A dan Vitamin K,” tuturnya.

Gizi ada dalam sayuran memiliki peran penting sebagai anti oksidan dalam tubuh kita. Anti oksidan sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit mulai dari gangguan pembuluh darah sampai kanker.

“Sayuran juga banyak mengandung serat larut dan serat tidak larut. Serat makanan memiliki peran yang besar untuk menjaga kesehatan usus kita, karena berguna untuk menyerap air dalam usus besar, mempertahankan kelembaban dalam kotoran dan membantu mengeluarkan feses dari tubuh,” tuturnya.

Serat akan menjaga keseimbangan mikrobiota dalam usus sehingga kesehatan usus terjaga. Konsumsi sayur dan/atau buah 4-5 sajian per hari sangat dianjurkan untuk kesehatan. “Berbagai penelitian telah membuktikan, asupan serat yang cukup dari sayur/ buah akan menawarkan perlindungan dari wasir, kanker usus besar dan sembelit kronis,” terang Dian.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI