Tampilkan di aplikasi

Pemerintah lepas petani muda magang ke Taiwan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3813
2 September 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3813

Pemerintah lepas petani muda magang ke Taiwan

Sinar Tani
Tahun ini merupakan Angkatan 1 dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang dari jumlah keseluruhan sebanyak 354 orang. Peserta akan dikirimkan secara bertahap. “Di masa depan peserta magang bisa menjadi agen perubahan dan bergerak untuk pertumbuhan perekonomian daerah hingga Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia 2045,

"Kata Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Bustanul Arifin Caya di Lembang. Bustanul menilai, magang ini penting untuk melahirkan generasi muda pertanian yang kompeten, profesional dan berdaya saing, guna menghadapi tantangan globalisasi dan indutri 4.0.

Apalagi, pada tahun 2020- 2030 Indonesia akan mengalami periode bonus demografi dimana penduduk usia produktif akan mencapai 70%. Hal ini perlu diantisipasi, tentunya tidak hanya dengan menciptakan lapangan kerja yang cukup, namun juga dengan menyediakan tenaga kerja yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri (DUDI).

Karena itu kepada Angkatan I Magang Petani Muda ke Taiwan ini, Bustanul juga tersebut berpesan agar generasi petani milenial ini untuk belajar dan menyerap segala macam ilmu yang dipraktekkan di Taiwan. “Selain bekerja membantu house farmer, kalian juga punya misi khusus yaitu belajar.

Kalian harus belajar teknik budidayanya, pengolahan hasil, termasuk cara pengemasan dan pemasaran. Begitu kembali, praktekkan caranya dan jadilah enterpreneur muda yang mampu menggerakkan ekonomi pertanian di daerah kalian,” tuturnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI