Tampilkan di aplikasi

SI UPIn, lebih mudah cari informasi hasil peternakan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3815
17 September 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3815

Direktur PPH Nak Kementan, Fini Murfiani (tengah) saat peluncuran SI UPIn, di Jakarta

Sinar Tani
Sistem Informasi Unit Pengolahan Hasil Peternakan Indonesia atau disingkat dengan SI UPIn, menjadi solusi pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian untuk membantu Unit Pengolahan Hasil Peternakan (UPH Peternakan) dalam meningkatkan nilai tambah produknya. “Memang saat ini data dan informasi UPH Peternakan sudah ada, sayangnya masih tersebar.

Dengan aplikasi berbasis online ini, semua data dapat masuk. Jadi dengan mudah, kita dapat mengetahui produk-produk pengolahan hasil peternakan di seluruh Indonesia, terutama industri pengolahan kecil,” kata Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Fini Murfiani saat Soft Launching Sistem Informasi Unit Pengolahan Hasil Peternakan Indonesia (SI UPIn) di Jakarta, Rabu (11/9).

Menurutnya, manfaat adanya aplikasi SI UPIn ini adalah sebagai pusat informasi produk peternakan, informasi kebutuhan bahan baku produk peternakan bagi yang membutuhkan (perusahaan). Selain itu, penguatan kelembagaan dalam basis koperasi, sarana evaluasi pemerintah dalam pelaksanaan kemitraan, informasi produk peternakan yang siap dan telah diekspor.

“Juga implementasi kerjasama antara Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dalam masalah izin edar. Karena itu tagline kita adalah Satu Informasi, Sejuta Manfaat,” sebut Fini. Jadi menurut Fini, tujuan aplikasi ini untuk mendigitalisasi data dan informasi terkait UPH Peternakan yang ada di Indonesia.

Di dalamnya mencakup rincian lokasi, sarana prasarana yang dimiliki, asal bahan baku, persyaratan dasar sistem mutu dan keamanan pangan yang dimiliki, serta jenis kemitraan UPH Peternakan dengan perusahaan mitra. “Jadi SI UPIn dapat memberikan manfaat bagi seluruh stakeholders bidang peternakan, khususnya bagi para pelaku usaha agar dapat menjalin kemitraan yang saling menguntungkan,” ujarnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI