Tampilkan di aplikasi

Awal desember validasi data pertanian selesai

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3824
3 Desember 2019

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3824

Data menjadi salah satu kunci penting dalam membuat kebijakan. Karena sangat penting itulah, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam programnya akan memfokuskan perbaikan data pertanian.

Sinar Tani
Karena krusialnya persoalan data itulah, Syahrul kemudian berencana memperbaiki data pertanian agar jauh lebih akurat. Bahkan mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu berharap pada 1 Desember 2019 persoalan data pertanian bisa diselesaikan. Syahrul mengungkapkan, dalam program pembangunan per tanian pendekatan pertama yang dilakukan adalah aktualisasi data pertanian. Pemahaman ter hadap data sangat penting.

Dengan banyaknya data yang dipakai, ia mengakui sempat timbul kecurigaan. “Kita tidak bisa bicara kalau tidak ada data yang benar. Karena itu saya berusaha memfaktualkan data yang ada,” ujarnya di sela-sela makan siang bersama wartawan di Kantin Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (20/11). Upaya memperbaiki data tersebut, salah satunya adalah dengan pendekatan teknologi satelit. Meski tidak 100 persen tepat, menurut Syahrul minimal tingkat kesalahannya sangat kecil dan bisa dimimalisir. Apalagi dengan kemampuan teknologi informasi (IT) yang ada dan tingkat resolusinya tinggi, Syahrul yakin bisa memperbaiki persoalan data pertanian.

“Saya harapkan pada 1 Desember nanti sudah bisa selesaikan data. Kita coba, meski ada yang bilang itu (perbaikan data,red) sulit. Apalagi upaya menyatukan data pertanian sebenarnya bukan hal yang baru,” ujarnya. Perampungan data tersebut lanjut Syahrul, sudah diupayakan dengan melakukan verifikasi ke berbagai lembaga dan kementerian. Dengan satu data, ia berharap bisa menetapkan target dan strategis untuk kedaulatan pangan.

Mengenai kemungkinan terjadi penurunan data produksi pangan dengan adanya perbaikan data tersebut, Syahrul menegaskan, pihaknya tidak akan menengok data tahun sebelumnya. “Yang pasti mulai saat ini saya menggunakan data terbaru. Saya tidak akan melihat sebelumnya. Dengan data yang baru nanti, bantuan benih ke petani akan tepat dan panen juga bisa tepat,” katanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI