Tampilkan di aplikasi

Aldy Ridwan, tinggalkan dunia migas demi kaktus

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3895
19 Mei 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3895

Aldy Ridwan

Sinar Tani
Dunia pertanian kini tak hanya digeluti kaum tua. Banyak generasi milenial terjun dan sukses menekuni dunia yang selama ini dikesankan bau lumpur. Bahkan ada yang rela meninggalkan pekerjaan dengan penghasilan menggiurkan. Salah satunya Aldy Ridwan yang meninggalkan kariernya sebagai spesialis di salah satu perusahaan gas alam ternama.

Lelaki berkulit putih berjenggot tebal itu, memulai usahanya dengan bertani kaktus di tempat kelahirannya Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pilihan hidup Aldy memang patut diacungkan dua jempol. Meski usianya yang terbilang muda, ia sudah berpenghasilan ratusan juta rupiah perbulan. Kaktus asal Lembang ini merupakan jenis tanaman kaktus dalam klasifikasi mahal.

Aldy mengaku sangat tertarik menggeluti tanaman kaktus. Sebab harga jual di pasar ekspor terbilang mahal, sehingga bisnis ini pun dianggap sangat menjanjikan. Apalagi permintaan luar negeri hampir setiap bulan ada. Bahkan ia tak menampik ada tanamannya yang tembus hingga puluhan juta rupiah per pohon.

“Kami punya koleksi kaktus. Koleksi saya ini cukup langka dan unik, sehingga harganya mencapai puluhan juta rupiah, namun kalau yang di ekspor ke beberapa negara itu harganya dikisaran 5 – 10 dollar AS,” tuturnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI