Tampilkan di aplikasi

Jangan salah aplikasi petani wajib pandai baca label pestisida

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3901
6 Juli 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3901

BPP Maliku, Kabupaten Pulang Pisau bersama BPTP Kalimantan Tengah menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang prinsip penggunaan pestisida.

Sinar Tani
Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) dengan pestisida menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan petani karena dianggap mampu menyelamatkan kehilangan hasil panen. Namun, praktik penggunaan pestisida oleh petani tidak didasarkan pada pertimbangan ekologi dan ekonomi. Mengingat pentingnya peranan dan dampak negatif yang ditimbulkan, usaha pengelolaan pestisida perlu dilakukan sebaik-baiknya. Untuk itu, petani harus mengetahui cara penggunaan pestisida dengan membaca label kemasan.

Untuk menjawab hal tersebut, beberapa waktu lalu, BPP Maliku, Kabupaten Pulang Pisau bersama BPTP Kalimantan Tengah menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang prinsip penggunaan pestisida. “Petani di Indonesia sudah tidak asing lagi dalam menggunakan pestisida. Namun kadang mereka belum memahami apa itu pestisida,” kata Penyuluh BPTP Kalimantan Tengah, Astri Anto.

Kondisi seperti ini menurut Astri, sering dijumpai di daerah yang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Mereka sudah terbiasa menggunakan pestisida, namun apa dan bagaimana sistem dari pola kerja pestisida tersebut belum mereka pahami. “Hal inilah sering menjadi hambatan bagi petani mengaplikasikan pestisida secara tepat dan bijaksana, sehingga akan efektif sesuai tujuan penggunaan,” katanya.

Petani menjadikan pestisida kimia sebagai alternatif paling jitu mengendalikan hama, penyakit dan gulma. Namun penggunaan pestisida secara aman, efektif dan bijaksana harus terus disosialisasikan ke petani. “Bagaimanapun juga pestisida adalah racun dan berbahaya bagi manusia, hewan dan lingkungan,” katanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI