Tampilkan di aplikasi

Cinta tanah air konsumsi buah nusantara

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3907
16 Agustus 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3907

Prihasto Setyanto

Sinar Tani
Di tengah pandemi Covid19, kita dituntut untuk bisa menjaga imunitas tubuh. Salah satunya adalah mengkonsumsi buah. Karena itu Gelar Buah Nusantara (GBN) yang berlangsung Senin (9/8) menjadi momen untuk mening katkan konsumsi buah nusantara.

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesem patan mem buka GBN ke6, meski secara virtual di Kementerian Pertanian. Pada kesempatan itu orang nomor satu di Indonesia ini, mendorong masyarakat terus meningkatkan konsumsi buah dan sayur lokal.

Selain menambah asupan gizi agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit saat pandemi, upaya ini turut membantu petani untuk semangat, produktif dan semakin sejahtera. “Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengkonsumsi buahbuahan dan mencintai aneka buah nusantara yang melimpah dengan kandungan gizi yang tidak kalah dibandingkan buah impor,” ucap Jokowi.

Meskipun memiliki banyak buahbuahan khas Indonesia, harus diakui tingkat konsumsi buah masih rendah. Ratarata konsumsi buahbuahan masyarakat Indonesia tahun 2020 hanya sebesar 88,56 gram/kapita/hari. Angka konsumsi hanya sebesar 59,04 persen dari batas minimal angka kecukupan gizi Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang merekomendasikan konsumsi buah sebesar 150 gram/kapita/hari.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI