Tampilkan di aplikasi

Resep tanam cabai saat musim hujan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3914
11 Oktober 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3914

Kebun Cabai

Sinar Tani
Cabai, bukan hanya pedas di mulut, tapi juga bisa menyebabkan ekonomi menjadi ‘pedas’. Fluktuasi harga si pedas menjadi komponen perhitungan yang mempengaruhi tingkat inflasi. Biasanya harga cabai akan meningkat drastis saat musim hujan, Oktober hingga Januari. Kenaikan harga ini terjadi lebih karena supply yang tersedia lebih kecil dari permintaan.

Produksi bisa terganggu salah satunya karena serangan hama dan penyakit atau dikenal juga organisme pengganggu tumbuhan (OPT). Banyaknya petani menanam cabai di musim hujan karena kemudahan mendapatkan air.

Namun di sisi lain, ancaman OPT saat musim hujan juga cukup tinggi. Bagaimana agar budidaya cabai bisa tetap sukses, meski hujan menerpa? “Intisari kesuksesan budidaya cabai dimusim penghujan adalah dengan melakukan cara budidaya yang baik dan benar,” kata Final Prajnanta, CEO PT Royal Agro Indonesia, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, ada enam faktor penting yang harus dilakukan agar tanaman bisa berkembang dengan optimal yakni, pemilihan lokasi yang sesuai, benih unggul, pengolahan lahan, pemupukan berimbang, pengendalian OPT.

Terakhir adalah penanganan panen dan pasca panen. Sedangkan faktor yang mengakibatkan serangan hama penyakit pada tanaman cabai ada tiga. Pertama, pathogen yang ada di lingkungan tanaman itu sendiri. Kedua, inang atau tempat hidup hama dan penyakit untuk berkembang biak seperti gulma, varietas lain dan tanaman sefamili.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI