Tampilkan di aplikasi

Olahan labu kuning Elbina dari Kota Kretek

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3914
11 Oktober 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3914

Nurhayati

Sinar Tani
Labu kuning terkenal dengan kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Biasanya, labu kuning diolah sebagai sayur. Saat puasa masyarakat biasa mengolahnya menjadi kolak. Namun, ternyata labu kuning juga nikmat dijadikan camilan bentuk lain.

Seperti Nurhayati yang meng olah hasil pertanian bernama latin Cucurbita Moschata ini menjadi bermacam bentuk camilan dan menjadikannya peluang usaha menjanjikan. Sejak mengundurkan diri bekerja dari perusahaan swasta, ia terjun menekuni usaha berbagai baku labu kuning.

“Sejak mengundurkan dari pekerjaan lama di kantor swasta, saya mulai mengikuti pelatihan usaha. Saya diajarkan menentukan keahlian saya dan apa target market yang saya ciptakan,” ujarnya saat Pameran Ekspose Pangan Lokal di Kuningan City Mall Jakarta barubaru ini.

Nurhayati mengaku, dirinya pernah mendapat pelatihan meng olah labu. Kemudian dirinya berpikir menjadi produk tersebut sebagai peluang usaha. Apalagi bahan bakunya banyak dan mudah didapat.

Awalnya berkecimpung memproduksi panganan berbahan baku labu ini, karena Nurhayati melihat di daerahnya banyak menghasilkan labu, tapi harga jualnya terlalu rendah. “Tepatnya April tahun lalu saat jalan-jalan bersama suami. Saya lihat banyak petani labu yang terdampak pandemi. Saya terus mikir apa yang bisa saya dilakukan untuk masyarakat di sekitar sini. Akhirnya saya pliih al bu,” katanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI