Tampilkan di aplikasi

Geliat moderenisasi di food estate Sumba Tengah

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3915
18 Oktober 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3915

Food estate Sumba Tengah

Sinar Tani
Sumba Tengah menjadi salah satu lokasi yang pemerintah tetapkan sebagai kawasan pangan (food estate). Selain di Pulang Pisau dan Kapuas di Kalimantan Tengah, serta Humbang Hasudutan di Sumatera Utara.Sejauhmana progres food estate di Sumba Tengah?

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Sumba Tengah, Melkianus Umbu Ngailu mengatakan, pemerintah telah menargetkan pengembangan food estate di wilayahnya seluas 5.000 hektar (ha) terdiri dari tanaman padi 3.000 ha dan tanaman jagung pada 2.000 ha pada tahun 2021
“Saat ini luas lahan baku sawah hanya 7.600 ha dan 80 peran adalah tadah hujan. Sedangkan luas perkebunan 11 ribu dan ladang 7 ribu ha,” katanya.

Bahkan menurutnya ada sekitar 43 ribu ha lahan yang belum diusahakan. Dengan potensi tersebut Melkianus yakin luas areal pengembangan food estate bisa diperluas hingga 15-20 ribu ha.Namun Melkianus mengakui, pem bangunan pertanian di Sumba Tengah selama ini memang meng hadapi masalah akses air.

Saat ini memang sudah ada bendungan kecil dan sumur bor. Namun pihaknya kini tengah memperjuangkan agar ada pembangunan bendungan karena ada potensi bendungan. “Proposal kami sudah kirimkan dan sampaikan ke Menteri Bappenas saat berkunjung ke Sumba Tengah,” ujarnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI