Tampilkan di aplikasi

Cara tanam padi hidroponik di pekarangan rumah

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3918
8 November 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3918

Padi Hidroponik

Sinar Tani
Beras merupakan bahan pokok utama yang tidak bisa lepas dari kebutuhan dasar masyarakat Indonesia. Tanaman padi yang sering kita jumpai di lahan-lahan sawah di pedesaan dan sentrasentra produksi padi di beberapa wilayah, bisa kita jumpai di areal pekarangan rumah yang lahannya terbatas.

Nurwulan Agustiani selaku penanggungjawab tim Family Farming Taman Sains Teknologi (TST) Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, membagi tips cara tanam padi secara hidroponik di pekarangan rumah.

Berawal dari komunitas Bengkel Mimpi di Pagelaran Malang yang memperkenalkan secara masif Budidaya Padi dengan konsep Hidroganik yang merupakan usaha padi organik dengan memadukan pola budidaya padi dan ikan secara terpadu dan menggunakan pendekatan organik untuk manajemen haranya hanya dari pakan ikan. Tim Family Farming Taman Sains dan Teknologi Padi melakukan pendekatan yang sedikit berbeda terhadap manajemen hara yang diberikan.

Tahapan Budidaya Hidroponik Padi
Penyiapan instalasi hidroponik Penyiapan unit instalasi menggunakan pendekatan jarak tanam 25 x 25 cm. Bisa juga dengan pendekatan sistem tanam legowo dengan mengatur jarak antar paralon. Siapkan paralon ukuran 6 inchi dan rak rangka besi sesusai ukuran lahan yang tersedia.

Kemudian lubangi paralon dan perkirakan ½ hingga ¾ bagian netpot nantinya bisa tertanam dalam paralon. Disarankan tidak terlalu lebar diameter lubang paralonnya karena ukuran netpot tidak stabil seiring dengan ber tambahnya umur dan berat tanaman.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI