Tampilkan di aplikasi

Mohammad Rais, sukses bareng kelola pertanian

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3918
8 November 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3918

Sekertariat Kelompok "Pemuda Tani Mandiri Kecamatan Anggana"

Sinar Tani
Generasi Milenial memang identik dengan kentalnya persahabatan. Inilah yang terjadi antara Mohammad Rais dengan 50 orang temannya yang kini sukses menjadi Petani Milenial dengan Pertanian terintegrasi. Lima tahun terakhir, Rais punya kesibukan sendiri selain menjadi mahasiswa Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman.

Pemuda dari Desa Kutai Lama, Anggana, Kutai Kartanegara, ini berhasil mengumpulkan 50 teman sebaya untuk mengelola sawah, ladang, hingga peternakan ayam dengan peralatan modern. “Bapak memang petani, saya juga kuliah di dunia Pertanian. Banyak materi yang sebenarnya bisa diaplikasikan. Saya pun berpikir, mengapa tidak mengajak temantemannya bertani juga dengan membentuk kelompok tani?,” cetusnya.

Dari beberapa kali pertemuan, mereka akhirnya membentuk Kelompok Tani Pemuda Anggana pada 2017. Rupanya mereka setuju, sebab pemuda desa di Desa Kutai Lama banyak yang tak punya kegiatan produktif dan positif.

Mereka pun berikrar, kelompok tani berisi anak-anak milenial ini bisa menjadi panutan bagi pemuda yang lain. Dari 50 anggota kelompok tani, terkumpul lahan 20 hektar. Rais lantas membaginya menjadi beberapa peruntukan. Paling luas adalah sawah dan ladang untuk menanam padi, sisanya adalah peternakan dan tambak.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI