Tampilkan di aplikasi

Cara beternak itik yang menguntungkan

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3921
30 November 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3921

Peternakan Itik

Sinar Tani
Ternak itik merupakan unggas air yang telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat pedesaan di berbagai wilayah di Indonesia, dan telah menjadi bagian dari sistem usahatani dari para petani. Namun demikian, sebagian besar ternak itik tersebut masih dipelihara secara tradisional dengan skala pemeliharaan yang kecil dan hanya bersifat sebagai kegiatan sambilan. Itik dipelihara secara ekstensif di pesawahan.

Apabila dipelihara intensif, jumlah ternak yang dipelihara rata-rata kurang dari 100 ekor induk dewasa per kepala keluarga. Teknologi yang dipakai pada cara tradisional ini memang masih sangat sederhana, peternak umumnya tidak memperhatikan kebutuhan gizi itik. Umumnya peternak menggunakan makanan sisa dapur sebagai pakan utamanya.

Masalah juga ada pada penggunaan bibit. Belum banyak tersedia bibit yang berkualitas, hal ini menyebabkan keragaman produksi tinggi dan rataan produksi per tahun rendah. v Namun sekarang, beberapa penelitian menunjukkan bahwa usaha ternak itik mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai suatu kegiatan komersial yang dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan utama ataupun tambahan bagi keluarga petani.

Beberapa perubahan faktor lingkungan mendorong terjadinya per geseran dalam sistem pemeliharaan itik di Indonesia, dari ekstensif tradisional ke arah sistem pemeliharaan yang lebih intensif dan terkurung. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah makin terbatasnya lahan penggembalaan itik, adanya wabah flu burung dimana itik bisa menjadi pembawa virusnya, dan makin terbukanya pasar untuk berbagai produk itik.

Adanya perubahan ini menuntut tersedianya bibit yang lebih baik dan dengan produktivitas yang lebih tinggi, agar peternak dengan sistem intensif dan dengan biaya produksi yang lebih tinggi tetap dapat memperoleh keuntungan dalam melakukan budidayanya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI