Tampilkan di aplikasi

Mocaf, tepung Singkong alternatif pengganti terigu

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3924
21 Desember 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3924

Penyuluh Peningkatan Produksi Pangan

Sinar Tani
Pangan merupakan topik yang cukup krusial karena berhubungan langsung dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat dan terkait dengan keberlanjutan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Meningkatnya kebutuhan masyarakat akan pangan dan pertumbuhan pesat industri makanan berbasis terigu menjadikan Indonesia sebagai negara mengimpor terigu.

Agar ketergantungan terhadap impor terigu dapat dikurangi, telah dilakukan berbagai cara antara lain melalui pelaksanaan program diversifikasi pangan. Salah satunya dengan mengajak masyarakat memanfaatkan singkong sebagai bahan pembuatan tepung Modified Cassava Flour (Mocaf).

Singkong atau biasa disebut ubi kayu adalah salah satu jenis umbiumbian yang tumbuh subur di Indonesia. Singkong sendiri dapat diolah menjadi beberapa jenis tepung, salah satunya adalah tepung mocaf.

Tepung Mocaf merupakan tepung berbahan dasar singkong yang sudah dimodifikasi dengan proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat (BAL). Pertumbuhan bakteri tersebut menciptakan perubahan karakteristik pada tepung, seperti kenaikan daya rehidrasi, kemampuan melarut, viskositas, dan kemampuan gelasi.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI