Tampilkan di aplikasi

Sumali, jualan Soto Kudus, sukses beternak Ayam KUB

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3924
21 Desember 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3924

Sumali (kanan)

Sinar Tani
Berawal dari sulit mencari ayam kampung untuk usaha rumah makan Soto Kudus miliknya, Sumali akhirnya membudidayakan Ayam KUB (Kampung Unggul Balitnak). Justru kini, lelaki berusia 50 tahun ini menjadi peternak yang terbilang sukses.

Tinggal di Ungaran, Jawa Tengah, sebelum beternak Ayam KUB, Sumali memiliki rumah makan Soto Kudus Pak Sumali dan resto Maskarebet yang berada di depan rumahnya Jl Pos Tingkir Suruh KM 2 setelah exit tol Salatiga, kirakira 50 meter arah ke Solo.

Sumali mengakui, dengan menu andalan ayam kampung dirinya sering kesulitan mencari bahan baku. Namun saat melihat pameran di BPTP Jawa Tengah tahun 2019, ia pun tertarik dengan keunggulan Ayam KUB dan langsung memesan sebanyak 2.500 DOC (day old chick).

Namun ungkap Sumali, saat ayam tersebut sudah besar, dirinya justru mengalami kesulitan memasarkan Ayam KUB. Karena banyak yang belum mengenal ayam tersebut, sehingga ditawar rendah oleh pembeli. Akhirnya ayam dibesarkan dan dimanfaatkan memenuhi kebutuhan warung makan miliknya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI