Tampilkan di aplikasi

Musim tanam berpacu dengan iklim

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3924
21 Desember 2021

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3924

Musim tanam

Sinar Tani
Datangnya hujan pada akhir tahun menjadi pertanda masuknya musim tanam bagi petani di beberapa wilayah, dari wilayah Barat hingga Timur Indonesia. Namun demikian di sisi lain, petani harus mengantisipasi datangnya banjir, karena bisa membuat gagal panen.

Upaya mengejar tanam salah satunya di lokasi food estate di Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Petani di lokasi tersebut mengejar target tanam seluas 10 ribu hektar (ha). Bahkan Pemerintah Daerah mengerahkan 1.000 petani, penyuluh, unsur masya rakat serta menurunkan brigade alsintan sejumlah 40 traktor.

Gerakan tanam padi dilakukan serentak di tiga lokasi desa yakni Wairasa, Malinjak, dan Makatakeri pada Kamis (16/12). Di samping gerakan tanam, dilakukan juga penandatanganan MoU dengan offtaker untuk menyerap hasil panen. Diantaranya, Bulog Cabang Waikabubak, PT Seger Agro Nusantara, dan PT Gama Agro Investama.

Kabupaten Sumba Tengah adalah salah satu lokasi Food Estate yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi. Food Estate sebagai perwujudan program Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mewujudkan Kawasan Sentra Produksi Pangan (KSPP).
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI