Tampilkan di aplikasi

UPLAND Lombok Timur, infrastruktur pengungkit produksi bawang putih

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3990
17 Mei 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3990

Proyek Upland (The Development of Integrated Farming System at Upland Area)

Sinar Tani
Proyek Upland (The Development of Integrated Farming System at Upland Area) menjadi salah satu program pemerintah untuk mengoptimalkan lahan dataran tinggi. Melalui bantuan IFAD dan ISDB, setidaknya ada 13 kabupaten yang menjadi lokasi proyek Upland tersebut.

Kabupaten Lombok Timur menjadi salah satu lokasi pelaksanaan dengan fokus pengembangan bawang putih. Ada tiga kecamatan yang menjadi proyek Upland yakni Kecamatan Sembalun, Suela dan Wanasba. Di tiga lokasi tersebut sudah dibangun infrastruktur di 23 kelompok dengan 24 paket kegiatan diantaranya untuk pembangunan bendungan, perpipaan, sumur air dangkal, terasering dan jalan usaha tani.

“Masing-masing kelompok mendapat bantuan dan infrastruktur sesuai kebutuhannya. Jadi Terkait anggarannya sesuai kebutuhan masing-masing lokasi. Tidak semua lokasi dibangun seluruh infrastruktur. Dimana lokasi yang sangat dibutuhkan, itu yang kita akan bangun. Kalau butuh bendungan, itu yang kita bangun. Begitu juga yang lain,” tutur Kepala Dinas Pertanian Lombok Timur, Ir. Sahri.

Untuk membantu masyarakat dan petani, Sahri mengungkapkan, melalui sistem pembangunan swakelola. Artinya, setiap kelompok tani akan dilibatkan secara aktif dalam pembangunan infrastruktur.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI