Tampilkan di aplikasi

UPLAND project berdayakan wanita tani

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3996
28 Juni 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 3996

Upland Project berdayakan wanita tani

Sinar Tani
Peranan wanita dalam pembangunan pertanian tidak bisa diabaikan. Berbagai keputusan dalam usaha tani banyak melibatkan kaum hawa. Karena itu, dalam program UPLAND Project pun memberdayakan wanita tani.

Peranan wanita pada pertanian Indonesia begitu besar. Bahkan terkadang wanita tani menyandang predikat sebagai “kepala rumah tangga” dalam keluarganya. Profesi sebagai petani juga merupakan sebagai profesi terhormat.

Tidak sedikit petani perempuan ikut serta dalam pemanfaatan sumber daya alam, membantu dalam pendapatan perekonomian keluarga. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah petani per tahun 2019 mencapai 33,4 juta orang. Dengan petani muda di Indonesia yang berusia 20-39 tahun hanya 8 persen atau setara dengan 2,7 juta orang, sekitar 91 persen petani berusia di atas 40 tahun.

Data BPS juga menyebutkan, di Indonesia petani perempuan sekitar 8 juta orang (tahun 2018), hampir 24 persen dari 25,4 juta petani yaitu perempuan. Banyak petani perempuan tersebut yang ikut berkontribusi dalam memanfaatkan sumber daya alam, tidak lain adalah untuk menambah pendapatan keluarga.

Karena itu, dalam project UPLAND dilakukan kegiatan petani perempuan. Dengan pelatihan yang diberikan kepada perempuan, bukan hanya menambah wawasan, tapi juga pengalaman dalam bidang pertanian. Dengan pelatihan dapat menunjang kreativitas dan ide wanita tani dalam proses pemanfaatan hasil pertanian.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI