Tampilkan di aplikasi

Dry Port angkat potensi Kopi Gayo

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4002
9 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4002

Dry Port

Sinar Tani
Berbagai langkah terus dilakukan untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia ke kancah internasional. Salah satunya membangun jaringan transportasi logistik di berbagai daerah seperti pembangunan dry port di Aceh yang merupakan salah satu daerah penghasil kopi berkualitas di Indonesia.

Kopi Gayo dengan ke khasannya memiliki potensi yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Bisa dibilang kopi dari daerah Takengon di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah ini memang sudah dikenal di pasar kopi dunia.

Namun dibalik potensi kopi Gayo yang sangat menjanjikan tersebut, ternyata petani kopi di Aceh belum merasakan dampak yang sangat signifikan. Sebab, selama ini ekspor kopi dari Bumi Rencong tersebut justru dilakukan dari Sumatera Utara.

Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Logistik International, Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI) Jawa Timur, Iko Sukma Handriadianto mengatakan, dengan adanya desentralisasi ekonomi memberikan peluang bagi Pemerintah Daerah mengembangkan potensi yang ada di daerah, sehingga berdampak langsung bagi masyarakat.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI