Tampilkan di aplikasi

Nyanyi petani di tanah merdeka

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4002
9 Agustus 2023

Tabloid Sinar Tani - Edisi 4002

Bantuan Pangan

Sinar Tani
Tidak semua nyanyian terdengar merdu. Ada pula nyanyian yang terdengar sendu. Nyanyian bisa menjadi penyemangat, namun ada juga sebagai pelipur lara.

Di negeri ini, nyanyian petani terkadang sangat menyayat hati. Apa yang dinyanyikan petani, benarbenar suara hati yang penuh dengan perasaan. Sedih campur nelangsa, menjadi ciri khas nyanyian petani. Jarang petani di Tanah Merdeka bernyanyi menggambarkan keriangan.

Kata nyanyian di awal tulisan ini, hanya sebuah perumpamaan bagaimana sesungguhnya potret petani di negeri ini. Apakah benar, petani telah merasakan betapa indahnya kemerdekaan yang sebentar lagi akan berusia 78 tahun? Apakah di negara kita, petani sudah pantas untuk disebut sebagai penikmat pembangunan? Atau masih belum, mengingat petani masih hidup melarat dan sengsara serta terjebak dalam lingkaran setan kemiskinan?

Petani di Tanah Merdeka, khususnya petani yang berlahan sempit, memang berada dalam suasana hidup yang penuh dengan derita. Mereka masih belum mampu menjadikan dirinya terbebas dari belenggu kemiskinan yang menjeratnya.
Tabloid Sinar Tani di aplikasi myedisi reader pada Android smartphone, tablet, iPhone dan iPad.
Baca selengkapnya di edisi ini

Selengkapnya
DARI EDISI INI